Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Calon Ponsel Layar Lipat Xiaomi yang Mirip Galaxy Fold?

Kompas.com - 25/10/2020, 19:15 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan lalu, Xiaomi mematenkan rancangan perangkat lipat dengan tiga layar. Kini, vendor asal China tersebut kembali mendaftarkan sebuah paten untuk desain ponsel layar lipat.

Keberadaan paten berisi konsep perangkat Xiaomi itu diungkap oleh situs teknologi asal Belanda, Let's Go Digital. Situs tersebut mengatakan bahwa Xiaomi mengajukan patennya di China pada Januari 2020, kemudian permohonannya dikabulkan beberapa hari lalu.

Berbeda dengan paten yang disahkan bulan lalu, desain yang diusung Xiaomi dalam paten baru ini memperlihatkan rancangan yang mirip dengan ponsel layar lipat milik Samsung, Galaxy Fold.

Baca juga: Wireless Charger 80 Watt Xiaomi Isi Baterai Penuh dalam 19 Menit

Ponsel tersebut memiliki layar sekunder dan tiga kamera. Mekanisme lipatannya pun serupa dengan Galaxy Fold generasi pertama yang dilipat ke bagian dalam secara vertikal, mirip gerakan menutup buku.

Bedanya, layar bagian dalam ponsel lipat Xiaomi tidak memenuhi bingkai. Ada bagian bezel cukup tebal di sisi kanan layar yang kemungkinan akan menjadi wadah untuk kamera depan dan pemindai wajah.

Selain itu, ponsel rancangan Xiaomi ini juga terlihat lebih rapat ketika dalam kondisi dilipat, berbeda dengan Galaxy Fold yang sedikit lebih renggang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Let's Go Digital, Minggu (25/10/2020).

Baca juga: Samsung dan Xiaomi Sindir iPhone 12 di Twitter

Selain desain, belum ada informasi lain yang bisa diungkap dari paten tersebut. Spesifikasinya pun masih misterius. Karena baru sebatas paten semata, belum dapat dipastikan apakah desain ponsel lipat tersebut akan benar-benar direalisasikan Xiaomi.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Xiaomi memang benar-benar serius menggarap ponsel dengan mekanisme desain layar lipat, sesuai dengan paten yang telah diajukannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com