WhatsApp Rilis Fitur Belanja di Indonesia

Kompas.com - 22/10/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi WhatsApp The VergeIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - November 2019 lalu WhatsApp kedatangan fitur katalog untuk mempermudah pengguna akun bisnis berjualan. Namun, fitur tersebut hanya sebatas etalase produk yang dijual, dan bukan untuk bertransaksi.

Kini, WhatsApp menggulirkan fitur belanja sebagai pelengkap dari katalog. Fitur belanja di WhatsApp memungkinkan pengguna akun Bisnis menjual barang, dan pengguna biasa membeli barang dari katalog.

Fitur jual beli di WhatsApp ini resmi dirilis di beberapa negara mulai hari ini, Kamis (22/10/2020), termasuk di Indonesia, lewat pembaruan (update) terbaru di platform Android dan iOS.

Baca juga: Fitur Panggilan Suara dan Video Segera Hadir di WhatsApp Web

Menurut pihak WhatsApp, fitur ini akan memberi kemudahan bagi para pelaku bisnis yang mengandalkan WhatsApp sebagai platform untuk berjualan.

WhatsApp menilai, pandemi global yang terjadi saat ini memperlihatkan bahwa suatu bisnis memerlukan cara yang cepat dan efisien untuk melayani pelanggan dan mendorong penjualan.

"Ini akan membantu banyak bisnis kecil sebagai pihak yang paling merasakan dampak dari pandemi," tulis WhatsApp dalam keterangan resmi kepada KompasTekno.

WhatsApp menggulirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna belanja melalui chat. WhatsApp WhatsApp menggulirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna belanja melalui chat.

Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih barang yang tersedia dalam katalog suatu akun WhatsApp Business dan menambahkan ke dalam keranjang belanja. Selain melakukan pembayaran, pengguna juga bisa memilih metode pengiriman yang dikehendaki.

Baca juga: PayPal Bakal Jadi Alat Pembayaran di Gojek, WhatsApp Pay Menyusul?

Kendati demikian, belum diketahui metode pembayaran dan pengiriman apa saja yang bisa dipilih pengguna lewat fitur belanja lewat WhatsApp.

Namun, belum lama ini, Facebook sebagai induk WhatsApp diketahui mengalirkan kucuran dana kepada Gojek. Dana tersebut konon digunakan untuk mendorong adopsi sistem pembayaran digital GoPay.

Sehingga, ada kemungkinan GoPay akan menjadi salah satu metode pembayaran dalam fitur baru ini. Selain fitur belanja, WhatsApp juga merilis layanan hosting untuk mengelola pesan WhatsApp.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X