Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu RAM di Smartphone dan Fungsinya?

Kompas.com - 25/03/2021, 13:08 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apabila Anda ingin membeli sebuah smartphone, salah satu spesifikasi yang Anda jadikan pertimbangan kemungkinan adalah besaran RAM-nya.

Kapasitas RAM smartphone pun bervariasi, mulai dari 1, 4, 8, 12, dan bahkan hingga 18 GB seperti ponsel gaming Asus ROG Phone 5 Ultimate.

Lantas, apa sebenarnya RAM dan fungsinya di smartphone (hp)? Apakah besar kapasitas RAM akan memengaruhi performa ponsel secara keseluruhan? Yuk, simak jawabannya di artikel ini!

Apa itu RAM

RAM merupakan kepanjangan dari Random Access Memory. Secara teori, RAM memiliki prinsip kerja yang sama dengan memori internal (storage) yang biasa dipakai untuk menyimpan berbagai foto, video, aplikasi, dan lain sebagainya di ponsel.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa RAM iPhone Tak Sebesar Ponsel Android

Hanya saja, kemampuan membaca (read) dan menulis (write) RAM jauh lebih cepat dan mumpuni dibanding storage.

Mudahnya begini, RAM bisa diibaratkan sebagai kantong celana, sementara memori internal adalah tas punggung. Apabila kita ingin menyimpan sesuatu dengan cepat dan bisa dijangkau, tentunya kita akan memilih kantong celana dibanding tas, bukan?

Fungsi utama RAM

Nah, fungsi utama RAM sendiri adalah menyimpan berbagai file sistem atau aplikasi yang sedang dipakai oleh sistem ponsel "untuk sementara waktu".

Karena disimpan di sana, ponsel otomatis akan membaca, menjalankan, atau meluncurkan suatu aplikasi dengan cepat.

Sebelum disimpan di RAM, berbagai file sistem dan aplikasi yang ada di ponsel sendiri, termasuk file sistem operasi (OS), tersimpan di memori internal perangkat.

Ilustrasi RAM.Giffgaff Ilustrasi RAM.

Ketika hendak dibutuhkan, file-file atau aplikasi tersebut lantas akan dimuat ke dalam RAM agar ponsel bisa menjalankannya dengan lancar.

Ketika file atau suatu aplikasi tidak dipakai, maka RAM secara otomatis akan menghapusnya, supaya porsi RAM yang terpakai tadi, bisa digunakan kembali oleh aplikasi lain.

Seluruh informasi yang tersimpan dalam RAM juga biasanya akan hilang atau dihapus secara otomatis, apabila ponsel di-restart.

Multitasking

Selain fungsi utama tadi, RAM juga berguna untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan, tanpa memperlambat performa ponsel secara keseluruhan. Proses ini biasa disebut multi-tasking.

Baca juga: Mengenal Apa itu Cookie Browser dan Langkah Mengelolanya

Ketika melakukan hal ini, pengguna bisa menyimpan lebih dari satu aplikasi yang sering digunakan di dalam RAM (background) ponsel, ketika mereka ingin membuka aplikasi lainnya.

Nah, pada saat aplikasi tersebut hendak dijalankan, pengguna lantas bisa langsung memakainya tanpa harus menunggu berlama-lama, atau melihat layar tunggu (loading screen) yang biasa ditampilkan ketika suatu aplikasi dijalankan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com