Samsung Kirim Smartphone ke Pembeli Pakai Drone

Kompas.com - 25/03/2021, 08:31 WIB
Head of Online Samsung Irlandia, Eamonn Grant dan CTO Manna Aero, Alan Hicks samsung.comHead of Online Samsung Irlandia, Eamonn Grant dan CTO Manna Aero, Alan Hicks

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone asal Korea Selatan, Samsung, punya cara baru untuk mengirimkan ponsel buatannya kepada pelanggan. Samsung menawarkan layanan pengiriman smartphone menggunakan drone atau pesawat tanpa awak.

Dalam menghadirkan layanan ini, Samsung menggandeng Manna Aero yakni perusahaan jasa pengiriman barang melalui udara. Manna Aero menggunakan drone khusus yang memang dirancang untuk mengirim barang.

Drone milik Manna Aero dapat mencapai kecepatan tertinggi lebih dari 60 km per jam dan terbang pada ketinggian 50-80 meter.

Sebagai tahap awal, layanan bernama Manna Drone Delivery ini sementara baru tersedia untuk pelanggan Samsung yang berada di wilayah Oranmore, Irlandia, Eropa.

Baca juga: Drone DJI FPV Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Harga Rp 20 Juta

Dengan menggunakan drone ini, produk yang dikirim akan tiba di rumah pembeli hanya dalam waktu sekitar tiga menit setelah mereka melakukan transaksi melalui website.

"Kami (Samsung) selalu mencari cara untuk menghadirkan inovasi terbaik bagi pelanggan kami. Oleh karena itu, kami senang dapat menghadirkan layanan pengiriman menggunakan drone ini khususnya untuk pelanggan kami di Irlandia," kata Eamonn Grant, Head of Online Samsung Irlandia.

Samsung bersama Manna Drone Delivery menghadirkan layanan pengiriman produk menggunakan droneSamsung.com Samsung bersama Manna Drone Delivery menghadirkan layanan pengiriman produk menggunakan drone
Namun, tidak semua produk bisa dikirimkan menggunakan drone. Pengiriman ini hanya berlaku untuk pembelian beberapa produk Samsung seperti Galaxy S21 series, Galaxy Tab S7, Galaxy Buds Pro, Galaxy Watch 3, Galaxy A52, dan Galaxy A72.

Selain itu, pengiriman menggunakan drone ini juga hanya bisa dilakukan saat pagi atau siang hari dan dalam kondisi cuaca yang tidak membahayakan penerbangan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Kamis (25/3/2021), ke depannya, Samsung berencana akan memperluas opsi layanan pengiriman menggunakan drone ini di beberapa wilayah lainnya.

Baca juga: Peneliti Malaysia Bikin Drone dari Daun Nanas

Selain Samsung, Manna juga diketahui telah bekerja sama dengan sejumlah bisnis lokal untuk mengirimkan produk makanan, buku, dan obat-obatan bagi masyarakat di wilayah Irlandia.

"Kami menyadari bahwa layanan pengiriman menggunakan drone cukup menjanjikan. Samsung adalah salah satu merek yang dikenal luas secara global dan selalu mengutamakan pelanggannya. Karena alasan itulah kami antusias bekerja sama dengan mereka," kata Alan Hicks, CTO Manna Aero.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.