Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Besar Merek Ponsel Dunia Kuartal I-2021, Samsung Teratas Huawei Terdepak

Kompas.com - 21/04/2021, 10:18 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sempat lesu karena pandemi, pasar smartphone global berhasil bangkit dan mecetak pertumbuhan dua digit pada kuartal I-2021. Setidaknya begitulah hasil penelitian terbaru dari firma riset Strategy Analytics.

Menurut Strategic Analytics, pengiriman smartphone global tercatat naik 24 persen secara year-over-year (YoY), dengan total pengiriman mencapai 340 juta unit ponsel. Pertumbuhan ini merupakan yang tertinggi sejak 2015. 

Lima besar vendor ponsel berhasil mencetak pertumbuhan dua digit pada periode ini, yaitu Samsung, Apple, Xiaomi, Oppo, dan Vivo. Pada periode ini, Huawei harus terdepak dari jajaran lima besar penguasa smartphone global.

Baca juga: Huawei Diam-diam Ikut Jual Smartphone Tanpa Charger

Samsung dan Apple masih memimpin pasar smartphone global kuartal I-2021. Samsung berada di posisi teratas dengan total pengiriman 77 juta unit dan menguasai 23 persen pangsa pasar smartphone global.

Lalu Apple mengekor dengan total 57 juta unit dan mengambil 17 persen pangsa pasar. 

Namun, dari segi pertumbuhan, vendor China-lah yang jadi juaranya, karena berhasil mencetak rekor pertumbuhan dua digit hingga 85 persen, bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020.

Misalnya Xiaomi. Vendor ponsel China ini berada di posisi ketiga sebagai penguasa pasar smartphone global. Pada kuartal I-2021, Xiaomi berhasil mengirimkan 49 juta unit, naik 80 persen secara YoY.

Oppo yang berada di posisi keempat juga tumbuh 68 persen secara YoY, dengan total pengiriman 38 juta unit ponsel.

Baca juga: Geser Oppo, Vivo Rajai Pasar Smartphone China

Terakhir dalam jajaran lima besar vendor smartphone global, Vivo mencetak rekor pertumbuhan paling impresif, yakni 80 persen secara YoY, dengan total pengiriman 37 juta unit ponsel.

Menurut Strategy Analytics, pertumbuhan dua digit yang dicapai oleh ketiga vendor China ini didongkrak olek kesuksesan smartphone 5G, dengan rentang harga beragam yang telah dirilis oleh masing-masing vendor, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs Strategy Analytics, Rabu (21/4/2021).

Berbeda nasib dengan tiga vendor dari kampung halamannya, Huawei kini harus hengkang dari jajaran lima besar penguasa smartphone global kuartal I-2021. Hal ini tak lain karena dimasukkannya Huawei dalam daftar entity list pemerintahan Amerika Serikat sejak dua tahun lalu.

Akibat blacklist itu, smartphone Huawei terbaru tidak boleh menggunakan OS Android yang ada GMS-nya karena dilarang bermitra dengan Google, yang notabene merupakan perusahaan asal AS.

Baca juga: Riset Ungkap Perbandingan Reputasi Samsung dan Apple di Mata Publik

Sehingga, ponsel-ponsel tersebut hanya bisa menggunakan OS Android versi open source saja (AOSP) yang dipadu Huawei Mobile Services (HMS) sebagai pengganti dari GMS.

Selain smartphone, Huawei juga tidak boleh memasok berbagai komponen yang berhubungan dengan 5G ke AS.

Berikut ini adalah tabel selengkapnya:

Vendor Pengiriman Q1 2020 Pengiriman Q1 2021 Pangsa Pasar 2021 Pertumbuhan YoY
Samsung 58 juta unit 77 juta unit 23 persen 32 persen
Apple 39 juta unit 57 juta unit 17 persen 44 persen
Xiaomi 28 juta unit 49 juta unit 15 persen 80 persen
Oppo 23 juta unit 38 juta unit 11 persen 68 persen
Vivo 29 juta unit 37 juta unit 11 persen 85 persen
Lainnya 107 juta unit 82 juta unit 24 persen -23 persen
Total 275 juta unit 340 juta unit 100 persen 24 persen
 
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com