Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Factory Reset di Ponsel Samsung Galaxy

Kompas.com - 29/06/2021, 18:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Factory reset merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan pengguna untuk menghapus seluruh data yang terdapat pada sebuah ponsel.

Ketika proses factory reset dilakukan, maka ponsel yang dimiliki akan mengembalikan seluruh konfigurasi ke pengaturan pabrik.

Hal ini akan secara otomatis menghapus seluruh data yang tersimpan pada ponsel seperti akun, aplikasi, musik, gambar, lagu, serta berbagai file lainnya.

Ada sejumlah faktor yang dapat memengaruhi pengguna untuk melakukan proses factory reset.

Misalnya, kapasitas memori sistem sudah penuh, hingga munculnya berbagai gangguan teknis serta aplikasi yang tidak dapat dijalankan secara tiba-tiba.

Baca juga: Setengah dari Penduduk Dunia Kini Punya Smartphone

Selain itu, tak sedikit dari pengguna yang melakukan factory reset ketika ia hendak menjual ponsel yang dimiliki atau memberikannya kepada pengguna lain.

Cara melakukan factory reset di setiap ponsel berbeda-beda, tergantung merek ponsel Android. Nah kali ini, KompasTekno akan membahas cara melakukan factory reset pada ponsel Samsung Galaxy

Cara factory reset di Samsung Galaxy

Cara melakukan factory reset di ponsel Samsung Galaxy.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara melakukan factory reset di ponsel Samsung Galaxy.
Langkah pertama, buka menu pengaturan atau settings. Di halaman settings, gulirkan ke bawah hingga menemukan opsi General management.

Setelah opsi tersebut diklik, pilih tombol Reset. Di halaman ini, pengguna akan disodori sejumlah pilihan.

Untuk menghapus seluruh data yang tersimpan pada ponsel, pengguna bisa memilih opsi Factory data reset.

Baca juga: Riset: 1 dari 4 Smartphone yang Terjual Dibeli Secara Online

Cara menghapus seluruh data di ponsel Samsung Galaxy melalui menu factory reset.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menghapus seluruh data di ponsel Samsung Galaxy melalui menu factory reset.
Di halaman selanjutnya, ponsel akan menampilkan seluruh data yang tersimpan serta beragam akun media sosial yang terhubung pada ponsel. Pilih opsi Reset untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Jika sebelumnya Anda telah memasang kode PIN atau password pada ponsel, maka Anda akan diminta untuk memasukan kode keamanan tersebut sebagai bentuk konfirmasi.

Ponsel akan segera menghapus seluruh data yang ada pada ponsel. Proses ini akan berlangsung dalam beberapa menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com