Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Video IG di Bawah 15 Menit Diubah Jadi Reels

Kompas.com - 22/07/2022, 14:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah melalui uji coba selama beberapa bulan, Reels dipastikan bakal menjadi satu-satunya format video singkat di feed Instagram. Artinya Instagram akan melebur format video di feed dan Instagram TV (IGTV) menjadi Reels.

Hal ini diumumkan secara langsung oleh CEO Instagram, Adam Mosseri baru-baru ini.

"Jadi, hanya akan ada satu format video di Instagram dan itu akan adalah Reels," kata Mosseri dalam sebuah unggahan video di akun Instagram pribadinya dengan handle @mosseri.

Selama ini, Instagram memang memiliki sejumlah format video di platformnya, yaitu Instagram Stories, video feed, Instagram TV, dan Reels.

Video feed, IGTV, dan Reels menjadi tiga format video yang sama-sama ditampilkan di bagian feed atau linimasa Instagram dengan limit durasi yang berbeda. Video standar di feed memiliki durasi 3-60 detik, IGTV berdurasi 15 detik-60 menit, dan Reels berdurasi 15-90 detik.

Baca juga: Facebook dan Instagram Terdaftar PSE Kominfo, WhatsApp Belum Kelihatan

Mosseri mengatakan, Instagram ingin menyeragamkan ketiga format video yang muncul di feed itu menjadi Reels. Tujuannya agar Instagram menjadi lebih sederhana dan mudah digunakan pengguna.

Peleburan video feed dan IGTV menjadi Reels ini juga merupakan bagian dari upaya Instagram untuk menawarkan pengalaman konten dengan tampilan layar penuh yang lebih baik lagi.

Perusahaan juga menggabungkan tab video dan Reel di profil pengguna menjadi satu untuk membuat satu rumah untuk semua video di aplikasi.

Instagram juga menghilangkan tab "video" di profil pengguna, yang biasa menampilkan seluruh video feed yang telah diunggah. Nantinya, seluruh video akan ditampilkan di tab "Reels".

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (22/7/2022), video feed maupun Instagram TV yang sudah diunggah sebelum kebijakan baru ini berlaku, tidak akan dikonversi menjadi format Reels.

Artinya, tidak ada perubahan format bagi video lama yang ada di profil pengguna.

Lantas, bagaimana nasib video di atas 15 menit? Bila lebih dari 15 menit, video akan tetap dalam format IGTV.

Baca juga: Ramai Scan E-KTP di Instagram Bisa Timbul Hologram, Begini Cara Membuatnya

Fitur baru Reels

Fitur Template (kanan) dan dual camera (kiri) di Reels Instagram.Meta Fitur Template (kanan) dan dual camera (kiri) di Reels Instagram.
Setelah dilebur menjadi konten Reels, video feed dan Instagram TV berdurasi kurang dari 15 menit tidak hanya bakal muncul di feed pengguna saja, melainkan juga bakal ikut ditampilkan di tab Reels yang ada di beranda Instagram.

Bila akun pengguna bersifat publik, pengguna lain juga dapat me-remix Reels pengguna. Di samping itu, Mosseri juga mengumumkan tiga fitur baru di Reels.

Pertama, hadirnya fitur "Template" (templat) di Reels Instagram. Fitur Template memungkinkan pengguna untuk membuat Reels menggunakan struktur video yang sama dengan Reels dari pengguna lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com