Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Rilis Kacamata Pintar Mijia Glasses Camera, Harga Rp 5 Jutaan

Kompas.com - 02/08/2022, 17:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Pada September 2021 lalu, Xiaomi memperkenalkan produk wearable berupa kacamata pintar (smart glasses) pertamanya yang bernama Xiaomi Smart Glasses.

Kini, perusahaan gadget asal China tersebut kembali meluncurkan produk serupa, namun dengan nama yang berbeda, yakni Mijia Glasses Camera.

Peluncuran Mijia Glasses Camera diumumkan Xiaomi melalui akun resmi di platform microblogging asal China, Weibo. Tidak disebutkan apakah Mijia Glasses Camera merupakan suksesor dari Xiaomi Smart Glasses atau bukan.

Baca juga: Kacamata Pintar Meta Ray-Ban Stories Bisa Dipakai Buat Kirim WhatsApp

Dalam postingan di akun resmi Weibo Xiaomi, perusahaan mengunggah poster promosi yang menampilkan desain, fitur unggulan, harga Mijia Glasses Camera, dan ketersediaan kacamata pintar tersebut.

Ilustrasi Mijia Glasses Camera.Xiaomi Ilustrasi Mijia Glasses Camera.

Secara tampilan, Mijia Glasses Camera terkesan lebih "garang" dari Xiaomi Smart Glasses, dan tidak tampak seperti kacamata biasa.

Pada bagian sisi kanannya (apabila dilihat dari depan), misalnya, kacamata ini memiliki modul yang menampung dua kamera.

Kedua kamera tersebut disusun secara vertikal, terdiri dari kamera telefoto "periskop" 8 MP dan kamera utama 50 MP.

Kamera periskop tersebut memiliki fitur pembesaran optis (optical zoom) hingga 5x dan pembesaran digital (digital zoom) hingga 15x.

Selain itu, kamera di Mijia Glasses Camera juga diklaim bisa menangkap gambar dan video dengan stabil dengan bantuan penstabil gambar optis (OIS). 

Baca juga: Xiaomi Ungkap Desain Kacamata Pintar Pertama, Apa Kecanggihannya?

Ada pula fitur teknologi kecerdasan buatan (AI) alias AI Camera, yang memungkinkan kacamata pintar ini menerjemahkan berbagai teks berbahasa asing.

Salah satunya adalah menerjemahkan teks atau tulisan berbahasa Mandarin ke bahasa Inggris dan sebaliknya.

Fitur pendukung lainnya mencakup dukungan konektivitas Bluetooth 5.0, WiFi, pengisian daya cepat via magnetic charger, hingga dukungan untuk menjalankan beragam pengaplikasian augmented reality (AR).

Rencananya, Mijia Glasses Camera bakal dijual secara eksklusif di China pada 3 Agustus 2022 mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Slashgear, Selasa (2/8/2022).

Smart glasses Mijia Glasses Camera dijual dengan harga 2.500 yuan (sekitar Rp 5,5 juta) melalui acara urun dana (crowdfunding) yang digelar Xiaomi.

Belum ada informasi apakah Mijia Glasses Camera akan turut dipasarkan di negara di luar China, seperti Indonesia, atau tidak. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com