Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecepatan Internet Seluler Indonesia Melambat, Peringkat 103 dari 110 Negara

Kompas.com - 19/10/2022, 19:30 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Blog Ookla

KOMPAS.com - Platform pengujian kecepatan internet Speedtest dari Ookla memperbarui data peringkat kecepatan internet seluruh dunia, baik itu seluler (mobile) maupun kabel/rumahan (fixed broadband), yang ada dalam daftar "Speedtest Global Index".

Dalam daftar tersebut, kecepatan internet seluler di Indonesia terpantau memburuk, lantaran turun peringkat dari posisi 103 ke 110 dunia.

Penurunan ini disebabkan oleh kecepatan rata-rata layanan internet seluler di Indonesia, terutama kecepatan unduh (download) yang menurun ke angka rata-rata 16,65 Mbps pada September 2022 lalu.

Pada bulan sebelumnya alias Agustus 2022, kecepatan download internet mobile di Tanah Air dicatat Ookla lebih dari 17 Mbps.

Meski demikian, kecepatan unggah (upload) dan kestabilan koneksi internet alias latency  untuk internet seluler tetap stagnan, alias tidak turun atau naik.

Sama seperti bulan sebelumnya, kecepatan rata-rata upload internet mobile di Indonesia berkisar di angka 10,62 Mbps, sedangkan latency berada di angka 28 ms dengan jeda penerimaan data (jitter) 14 ms.

Baca juga: OpenSignal Rilis Kecepatan Upload/Download Operator Seluler di Indonesia

Data kecepatan internet rata-rata di Indonesia dari Ookla untuk seluler (kiri) dan kabel/rumahan (kanan).Ookla Data kecepatan internet rata-rata di Indonesia dari Ookla untuk seluler (kiri) dan kabel/rumahan (kanan).

Beralih ke kecepatan internet kabel/rumahan, Ookla sendiri mencatat bahwa Indonesia berada di peringkat yang sama seperti bulan sebelumnya, yaitu peringkat 121 dunia per September 2022.

Posisi kecepatan internet fixed broadband Tanah Air ini stagnan karena performa download sama dengan bulan lalu, yaitu sekitar 22,36 Mbps, dengan upload 10,65 Mbps, serta latency 7 ms dan jitter 6 ms. 

Baca juga: Tak Hanya Kecepatan, Ini 4 Perbedaan 4G dan 5G yang Perlu Diketahui

Untuk merilis data peringkat kecepatan internet seluruh dunia, Ookla mengumpulkan data pengujian kecepatan internet dari sekitar 300 pengguna yang berbeda, baik itu mobile maupun fixed broadband.

Adapun data peringkat kecepatan internet seluler dan kabel/rumahan ini bakal diperbarui Ookla setiap pertengahan bulan untuk bulan yang sebelumnya.

Peringkat kecepatan internet September 2022 tadi, misalnya, dirilis Ookla pada pertengahan Oktober 2022, begitu juga untuk bulan berikutnya.

Rencananya, Ookla akan tetap merilis data semacam ini hingga pertengahan Februari 2023 mendatang, boleh jadi untuk kecepatan internet mobile dan fixed broadband Januari 2023.

Nah, data peringkat kecepatan internet seluler dan kabel/rumahan seluruh dunia yang dirilis Ookla bisa disimak secara lengkap melalui tautan berikut ini.

Baca juga: 5 Situs Tes Kecepatan Internet dan Cara Kerjanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com