Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu File RAR dan Cara Membuatnya

Kompas.com - 01/11/2022, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Dalam memindahkan beberapa file terkadang kita melakukan kesalahan dengan meninggalkan salah satu file. Hal ini yang menyebabkan file tidak lengkap. 

Akan tetapi bagi Anda yang mempunyai banyak file dan ingin memindahkannya secara praktis bisa menggunakan program WinRar untuk mengkolektif file-file Anda. Berikut ini KompasTekno telah merangkum cara membuat file menjadi RAR.

Baca juga: 7 Macam Format Ekstensi File Gambar yang Sering Digunakan

Apa itu File RAR

RAR. merupakan media pengikat beberapa dokumen agar bisa menjadi satu file. Jenis file RAR. adalah salah satu yang populer dan paling banyak digunakan pada perangkat PC.

File ini memungkinkan penggunanya untuk mengumpulkan semua jenis bentuk dokumen dalam satu tempat. Mulai dari dokumen, foto, video, hingga musik.

Sebagian besar perangkat laptop maupun komputer pun memiliki program ini untuk menyatukan berbagai file. Jika perangkat Anda tidak menyediakan program ini, Anda pun dapat menginstalnya secara mandiri dengan mengunduh WinRar melalui internet.

Program ini cocok digunakan pada perangkat apapun, sehingga memungkinkan semua pengguna menggunakan ini pada masing-masing perangkat mereka untuk kemudahan dalam mengorganisir file atau dokumen yang banyak.

Cara Membuat File RAR.

apa itu file rar dan cara membuatnyaKompas.com/soffyaranti apa itu file rar dan cara membuatnya

Untuk membuat file-file Anda praktis menjadi satu file dengan ekstensi RAR. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan file-file yang akan Anda ubah menjadi RAR.
  • Kumpulkan file-file tersebut dalam satu folder
  • Klik kanan pada kursor atau touchpad perangkat Anda
  • Pilih opsi “Add to (nama folder Anda).rar
  • Cari file RAR. Anda dengan nama yang sama seperti nama folder Anda sebelumnya
  • File RAR. Anda sudah bisa digunakan
  • Jika Anda telah menggunakan file RAR., Anda tidak perlu khawatir apabila kehilangan salah satu file pada folder Anda sebelumnya, karena file tersebut dapat Anda temukan dalam file yang sudah Anda kompres ke RAR.

Baca juga: Cara Menautkan File Excel ke Microsoft PowerPoint

Melalui ekstensi RAR., Anda pun tidak perlu khawatir untuk lupa meninggalkan salah satu file. Demikian langkah-langkah membuat file menjadi RAR. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com