Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor Intel Core Gen-13 Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 5,5 Juta

Kompas.com - 08/12/2022, 15:33 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Intel resmi meluncurkan jajaran prosesor (CPU) Core i Generasi ke-13 di Indonesia, hari ini, Kamis (8/11/2022).

Seperti dalam peluncuran global sebelumnya, prosesor Intel Core Gen 13 yang rilis di Indonesia juga hadir dalam enam model CPU.

Keenam CPU tersebut telah di-unlocked sehingga memiliki hingga 24 core dan 32 thread, sehingga mampu menawarkan clockspeed sampai 5,8 GHz. Kecepatan ini diklaim menjadikan Intel Gen 13 prosesor dengan kecepatan clock tertinggi di dunia.

Keenam CPU Intel Core Gen 13 meliputi Intel Core i9-13900K, Core i9-13900KF, Core i7-13700K, Core i7-13700KF, Core i5-13600K dan Core i5-13600KF.

Baca juga: Intel Bicara soal Investasi di Indonesia dan Strategi Hadapi Kelangkaan Chip

Menurut Vice President, Sales Marketing &Communication Group and Managing Director Intel Asia, Alexis Crowel, Intel Gen 13 menawarkan berbagai peningkatan mulai dari aspek pengalaman game, performa, hingga overclocking untuk menunjang pengalaman terbaik bagi lintas pengguna.

"Intel Gen 13 sekarang hadir di sini. Prosesor ini didukung peningkatan kinerja untuk menunjang pembuatan konten, edit video, bermain game dengan kecepatan tinggi hingga pengalaman overclocking terbaik bagi pengguna pemula maupun expert," kata Alexis Crowel dalam peluncuran Intel Gen 13 di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Secara teknis, Intel Core Gen 13 dibangun dengan proses fabrikasi terbaru Intel, yaitu teknologi pemrosesan Intel 7 dan arsitektur x86.

Dengan begitu, prosesor ini menawarkan peningkatan performa single-threaded hingga 15 persen dan multi-threaded hingga 41 persen dibanding Intel Gen 12.

Daftar perbandingan spesifikasi CPU Intel Core Generasi ke-13.Intel Daftar perbandingan spesifikasi CPU Intel Core Generasi ke-13.

Sementara itu Tommy Ferdianto, Director of Partner Business Intel Indonesia menjelaskan bahwa Intel Gen 13 tak hanya dibangun dengan peningkatan performa, namun juga efisiensi.

Oleh karena itu, jajaran Intel Core Gen 13 diklaim mampu menyaingi performa Intel Gen 12 dengan hanya memakai separuh dayanya.

Baca juga: CPU Intel Xeon Max Series Meluncur, Pertama Berbasis x86

"Peningkatan ini terjadi karena keunggulan manufaktur Intel terbaru dan dukungan software yang ditingkatkan," ujar Tommy.

Selain sejumlah peningkatan di atas, rangkaian CPU Intel Gen 13 juga dilengkapi dengan sederet fitur mulai dari Intel Adaptive Boost Technology untuk meningkatkan frekuensi clock prosesor, dukungan PCIe Gen 5.0 hingga 16 lane, serta peningkatan memori ke DDR5-5600 dan DDR5-5200.

Selain itu, CPU Intel Core Gen 13 juga dibekali dukungan peningkatan L2 cache dan L3 cache hingga 2 kali.

Harga Intel Core i Gen 13 di Indonesia

Intel Gen 13 saat ini sudah tersedia di Indonesia. Harganya bervariasi menyesuaikan harga yang dibanderol distributor. Adapun acuan harga yang dipatok Intel sebagai berikut.

Intel Core i5 Gen 13 - Rp 5,5 - Rp 5,7 juta
Intel Core i7 Gen 13 - mulai dari Rp 7 jutaan
Intel Core i9 Gen 13 - mulai dari Rp 10 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com