Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor Intel Core Gen-13 Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 5,5 Juta

Kompas.com - 08/12/2022, 15:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Intel resmi meluncurkan jajaran prosesor (CPU) Core i Generasi ke-13 di Indonesia, hari ini, Kamis (8/11/2022).

Seperti dalam peluncuran global sebelumnya, prosesor Intel Core Gen 13 yang rilis di Indonesia juga hadir dalam enam model CPU.

Keenam CPU tersebut telah di-unlocked sehingga memiliki hingga 24 core dan 32 thread, sehingga mampu menawarkan clockspeed sampai 5,8 GHz. Kecepatan ini diklaim menjadikan Intel Gen 13 prosesor dengan kecepatan clock tertinggi di dunia.

Keenam CPU Intel Core Gen 13 meliputi Intel Core i9-13900K, Core i9-13900KF, Core i7-13700K, Core i7-13700KF, Core i5-13600K dan Core i5-13600KF.

Baca juga: Intel Bicara soal Investasi di Indonesia dan Strategi Hadapi Kelangkaan Chip

Menurut Vice President, Sales Marketing &Communication Group and Managing Director Intel Asia, Alexis Crowel, Intel Gen 13 menawarkan berbagai peningkatan mulai dari aspek pengalaman game, performa, hingga overclocking untuk menunjang pengalaman terbaik bagi lintas pengguna.

"Intel Gen 13 sekarang hadir di sini. Prosesor ini didukung peningkatan kinerja untuk menunjang pembuatan konten, edit video, bermain game dengan kecepatan tinggi hingga pengalaman overclocking terbaik bagi pengguna pemula maupun expert," kata Alexis Crowel dalam peluncuran Intel Gen 13 di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Secara teknis, Intel Core Gen 13 dibangun dengan proses fabrikasi terbaru Intel, yaitu teknologi pemrosesan Intel 7 dan arsitektur x86.

Dengan begitu, prosesor ini menawarkan peningkatan performa single-threaded hingga 15 persen dan multi-threaded hingga 41 persen dibanding Intel Gen 12.

Daftar perbandingan spesifikasi CPU Intel Core Generasi ke-13.Intel Daftar perbandingan spesifikasi CPU Intel Core Generasi ke-13.

Sementara itu Tommy Ferdianto, Director of Partner Business Intel Indonesia menjelaskan bahwa Intel Gen 13 tak hanya dibangun dengan peningkatan performa, namun juga efisiensi.

Oleh karena itu, jajaran Intel Core Gen 13 diklaim mampu menyaingi performa Intel Gen 12 dengan hanya memakai separuh dayanya.

Baca juga: CPU Intel Xeon Max Series Meluncur, Pertama Berbasis x86

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.