Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Promo Ungkap Samsung Galaxy S23 Pakai Chipset Snapdragon 8 Gen 2 "Khusus"

Kompas.com - 31/01/2023, 18:06 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Smartphone anyar Samsung dari lini S-series, yakni Samsung Galaxy S23 akan meluncur awal Februari mendatang. Ponsel ini kabarnya bakal ditenagai chipset eksklusif besutan Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2.

Konon, chip khusus itu akan diberi nama "Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform for Galaxy". Namun, karena penamaan itu dinilai terlalu panjang, Samsung tampaknya akan menyederhanakan penyebutannya menjadi "Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy".

Salah satu pembocor gadget (tipster) Roland Quandt mengumbar potongan materi promosi terbaru itu di akun Twitter pribadinya (handle @rquandt). Poster dengan ilustrasi chip Snapdragon 8 Gen 2 itu tertulis "For Galaxy" di bagian bawah.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Pakai Chip Snapdragon 8 Gen 2 Istimewa?

Seperti terlihat di gambar di atas, foto yang diumbar merupakan potongan gambar yang sudah diperbesar.

Jika dilihat secara keseluruhan, materi promosi itu ingin menunjukkan bahwa Samsung S23 Ultra bakal menawarkan performa dan kinerja yang ngebut untuk bermain game. Sedangkan, ilustrasi game yang digunakan adalah game balap mobil dari Wreckfest.

Sebelumnya, kabar mengenai Galaxy S23 series bakal ditenagai Snapdragon 8 Gen 2 sudah terendus sejak beberapa bulan lalu. Pada November kemarin, tipster lain "Ice Universe" mengungkapkan bahwa Samsung kemungkinan akan dibekali chipset Snapdragon 8 Gen 2 varian khusus milik Qualcomm.

Performa dan kinerja dari chipset khusus tersebut juga sudah muncul di laman benchmark Geekbench. Di laman tersebut, chipset juga menunjukkan clockspeed berkecepatan tinggi, yaitu 3,36 GHz, lebih tinggi dibanding Snapdragon 8 Gen 2 versi "reguler", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (31/1/2023).

Meskipun cukup meyakinkan, spesifikasi resmi Samsung Galaxy S23 series baru bisa dipastikan saat acara peluncuran pada 1 Februari waktu Amerika Serikat atau 2 Februari dini hari waktu Indonesia.

Baca juga: Akankah Pengolah Grafis Samsung Galaxy S23 Ultra Ungguli Chip Apple A16 Bionic?

Bocoran spesifikasi Galaxy S23 series

Galaxy S23 series disinyalir hadir dengan tiga model, yaitu Galaxy S23 “reguler”, S23 Plus, dan S23 Ultra.

Ketiga perangkat bakal dilapisi kaca pelindung dari Gorilla Glass Victus 2, HDR10 Plus, layar OLED dengan refresh rate 120 Hz, pemindai sidik jari di bawah layar, sertifikasi IP68 (tahan debu dan air), pengisian daya nirkabel, hingga speaker stereo Dolby Atmos.

Dikarenakan varian “Ultra” merupakan model tertinggi, perangkat tersebut tentunya dibekali spesifikasi yang lebih memupuni. Misalnya, hadir dengan opsi RAM yang lebih besar, yakni 8 GB hingga 12 GB. Kemudian, untuk kapasitas penyimpanannya (storage) seluas 256/512 GB dan 1 TB.

Di aspek fotografi, model tertinggi tersebut konon dibekali empat kamera belakang, yakni kamera utama 200 MP, kamera ultrawide 12 MP, telefoto 10 MP dengan zoom optik 3x, dan telefoto 10 MP zoom optik 10x.

Sementara, untuk varian “reguler” dan “Plus” konon datang dengan tiga kamera belakang. Konfigurasinya terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan telfoto 10MP dengan dukungan zoom optik 3x.

Varian RAM dan storage yang dihadirkan kabarnya lebih sedikit dibanding varian “Ultra”. Galaxy S23 dan S23 Plus diyakini menawarkan opsi RAM 8 GB dengan storage seluas 128 GB dan 512 GB.

Untuk lebih lengkapnya mengenai bocoran spesifikasi dari Galaxy S23 series, bisa baca artikel "Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S23 Bocor Jelang Peluncuran".


Link pendaftaran peminat Galaxy S23

Pengumuman pre-order dari Galaxy S23 series juga sudah mulai disebar ke sejumlah awak media di Tanah Air. Menjelang peluncurannya, Samsung Indonesia juga membuka program pendaftaran bagi konsumen yang ingin berminat membeli perangkat.

Caranya, pengguna bisa mengunjungi situs resmi Samsung di sini. Laman tersebut akan menyambut konsumen dengan poster “Galaxy Unpacked” yang diselenggarakan pada 2 Februari pukul 01.00 dini hari.

Di bagian bawah poster, terdapat judul “Register your interest in the Next Galaxy” lalu meminta konsumen mengisi beberapa data diri, seperti nama lengkap, alamat e-mail (surel), dan nomor ponsel yang aktif.

Setelah itu, pengguna juga harus menjawab beberapa pertanyaan. Misalnya, jenis smartphone yang kini sedang dipakai, produk apa yang paling menarik perhatian, hingga jenis layanan apa yang paling dinantikan konsumen di masa mendatang. Apabila sudah mengisi formulir pendaftaran, klik “Submit”. Selengkapnya bisa disimak di artikel "Pre-order Samsung Galaxy S23 di Indonesia Dibuka 2 Februari".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com