Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akankah Pengolah Grafis Samsung Galaxy S23 Ultra Ungguli Chip Apple A16 Bionic?

Kompas.com - 27/01/2023, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S23 series diyakini akan meluncur awal bulan depan. Penerus Galaxy S22 series ini kabarnya akan dibekali chipset terkuat Qualcomm saat ini, Snapdragon 8 Gen 2, termasuk untuk model tertingginya, Galaxy S23 Ultra.

Chipset itu turut dibekali kartu pengolah grafis GPU Adreno 740 yang konon memiliki performa tinggi. Bahkan, menurut bocoran pengujian kinerja terbaru, GPU Adreno 740 disebut-sebut berpotensi mengungguli GPU yang dimiliki chipset buatan Apple, A16 Bionic.

Menurut laporan pengujian terbaru dari situs benchmarking Geekbench yang diunggah 26 Januari 2023, skor Vulkan API dari GPU perangkat Samsung SM-S918B yang diyakini sebagai S23 Ultra, mencapai 10.744 poin.

Baca juga: Pre-order Samsung Galaxy S23 di Indonesia Dibuka 2 Februari

Di sisi lain, chipset Apple A16 Bionic yang "mengotaki" iPhone 14 Pro Max mendapat skor 15.517 di hari pengujian yang sama. Memang, secara head to head tampak lebih tinggi chip A16.

Tangkapan layar hasil pengujian di aplikasi benchmarking Geekbench 5 untuk chip Snapdragon 8 Gen 2 yang kabarnya akan disematkan di Galaxy S23 Ultra. Hasil kinerja GPU menunjukkan pengolah grafis perangkat tersebut mencapai skor lebih dari 10.000.Geekbench Tangkapan layar hasil pengujian di aplikasi benchmarking Geekbench 5 untuk chip Snapdragon 8 Gen 2 yang kabarnya akan disematkan di Galaxy S23 Ultra. Hasil kinerja GPU menunjukkan pengolah grafis perangkat tersebut mencapai skor lebih dari 10.000.

Akan tetapi, chip Apple tersebut sudah diadopsi banyak pengguna. Untuk diketahui, data benchmark ini dihasilkan dari kalkulasi pengujian aplikasi Geekbench 5 yang diunggah pengguna ke Geekbench Browser.

Secara teori, semakin banyak pengguna yang mengunggah hasil tes, maka semakin tinggi pula skor yang didapat. Nah, seperti diketahui, Galaxy S23 series saat ini belum resmi dirilis ke publik. Itu sebabnya perangkat yang diuji juga masih bisa dihitung jari.

Dengan skor yang didapat perangkat Samsung SM-S918B saat ini, bukan tidak mungkin Adreno 740 yang ditanamkan ke "jantung" Samsung S23 Ultra akan melampaui GPU di chipset A16 Bionic.

Pengujian lain yang mendukung prediksi itu juga pernah diunggah salah satu akun tipster dengan handle @Golden_Review.

Baca juga: Fitur Penting di iPhone 14 Bakal Hadir Juga di Samsung Galaxy S23?

Dia pernah mengunggah twit tangkapan layar (screenshot) yang memaparkan hasilkinerja GPU Adreno 740 di Snapdragon 8 Gen 2, dibandingkan dengan pengolah grafis lain, termasuk A16 Bionic.

Pengujian pertama yang dilakukan adalah menguji resolusi layar 1.080 piksel. Hasilnya menunjukkan bahwa Adreno 740 menampilkan gambar lebih mulus dengan frame rate 223 FPS (frame per second), sedangkan A16 Bionic mampu menampilkan gambar dengan frame rate 195 FPS.

Pengujian kedua menguji resolusi layar yang ditingkatkan menjadi 1.440 piksel. Tercatat bahwa Adreno 740 kembali lebih unggul dengan frame rate 69 FPS dengan efisiensi daya 9,1. Untuk A16 Bionic, memiliki frame rate 53 FPS dan efisiensi daya 7,2.

Pengujian ketiga adalah pengujian 3DMark Wildlife Extreme, di mana Adreno 740 mendapatkan skor 3.729 poin dan 7,5 untuk konsumsi daya. Sedangkan, A16 Bionic sedikit lebih kecil, yakni 3.359 poin dan konsumsi daya 7,6.

Dengan skor GPU yang tinggi, maka pengalaman gaming mobile disebut akan semakin meningkat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Giz China, Jumat (27/1/2023).

Lantas, akankah GPU Adreno 740 di Snapdragon 8 Gen 2 yang "mengotaki" Samsung Galaxy S23 Ultra benar-benar bisa mengungguli GPU chipset A16 Bionic Apple? Kita tunggu saja setelah Galaxy S23 series dirilis awal bulan depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com