Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Asus ROG Flow X16, Laptop Gaming 16-inci Paling Fleksibel

Kompas.com - 29/01/2023, 17:44 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada tahun 2021 lalu, ROG Flow X13 berhasil mencuri perhatian gamer dan penggiat teknologi di seluruh dunia karena berhasil tampil sebagai laptop gaming paling ringkas yang pernah ada.

Tidak hanya itu, ROG Flow X13 yang juga merupakan laptop convertible dibekali dengan fitur yang belum pernah ada sebelumnya. Bagaimana jika Asus menghadirkan laptop serupa namun dengan layar yang jauh lebih besar?

Laptop convertible dengan layar 16-inci memang belum pernah ada sebelumnya, apalagi laptop gaming convertible 16-inci. Itulah yang membuat ROG Flow X16 (GV601) sangat unik dan berbeda dari laptop gaming lainnya.

Baca juga: Menjajal Laptop Asus ROG Zephyrus Duo 16, Powerful untuk Hiburan dan Kreativitas

Ia merupakan laptop gaming convertible pertama dan satu-satunya di dunia yang menggunakan layar 16-inci. Apakah laptop gaming ini dapat mengikuti jejak sukses saudaranya yaitu Flow X13 yang mengadopsi layar 13-inci? Mari kita bahas tuntas berbagai keunggulannya.

Asus ROG Flow X16Asus Asus ROG Flow X16

Ringkas dan fleksibel

Keunggulan utama dari ROG Flow X16 (GV601) tentu saja dari form factor yang diusungnya. Karena menggunakan desain convertible, ROG Flow X16 (GV601) otomatis hadir dengan layar touchscreen dan dukungan terhadap stylus.

Mode penggunaannya juga bervariasi mulai dari mode laptop, mode stand, mode tent, hingga mode tablet. Hal tersebut membuat laptop ini dapat digunakan di berbagai skenario penggunaan.

Laptop convertible juga merupakan salah satu bentuk laptop terbaik untuk para penggiat dunia kreatif yang lebih suka berinteraksi langsung dengan layar atau menggunakan ROG Flow X16 (GV601) sebagai kanvas digital.

Karena ukuran layarnya yang sangat besar, yaitu 16-inci, ROG Flow X16 (GV601) menawarkan ruang kerja yang lebih luas sehingga sangat tepat untuk pengguna yang ingin meningkatkan produktivitasnya.

Lantas bagaimana dengan bobot dan portabilitasnya? Dibandingkan dengan saudaranya ROG Flow X13, ROG Flow X16 (GV601) memiliki bobot dan dimensi yang lebih.

Namun hal tersebut bukan berarti ROG Flow X16 (GV601) bukan merupakan perangkat dengan nilai portabilitas yang buruk.

ROG Flow X16 (GV601) hadir dengan bobot sekitar 2 kg dan ketebalan tidak lebih dari 2 cm. Untuk sebuah laptop gaming, spesifikasi tersebut tergolong cukup ringkas dan ringan apalagi ROG Flow X16 (GV601) juga dibekali dengan hardware yang sangat bertenaga, sistem pendingin baru yang lebih powerful, serta baterai berkapasitas besar.

Asus ROG Flow X16Asus Asus ROG Flow X16

Salah satu alasan mengapa ROG Flow X16 (GV601) dapat tampil dengan bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan laptop gaming berlayar 16-inci lainnya adalah berkat material yang digunakan untuk membuat bodinya.

ROG Flow X16 (GV601) menggunakan bahan magnesium alloy yang lebih ringan dibandingkan dengan logam pada umumnya namun tetap memiliki ketahanan yang sangat baik.

Future proof

ROG Flow X16 (GV601) dibekali dengan spesifikasi dan hardware terbaru saat ini. Ia dibekali dengan CPU hingga AMD Ryzen™ 9 6900HS yang memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread, serta GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 3070Ti dengan TGP 125W.

ROG Flow X16 (GV601) juga dibekali dengan MUX Switch yang memungkinkan sinyal tampilan dapat dialihkan dari discrete GPU langsung ke layar tanpa harus melalui integrated GPU, sehingga performa gaming dapat dimaksimalkan.

Baca juga: Review Asus Vivobook 13 Slate OLED, Cocok untuk Kerja dan Hiburan

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com