BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan MSI

Simak 7 Hal Penting Berikut Sebelum Beli Laptop

Kompas.com - 14/02/2023, 16:37 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laptop merupakan salah satu perangkat penting yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas bekerja, belajar, ataupun mengakses hiburan.

Lantaran fungsi tersebut, laptop seakan menjadi perangkat wajib yang harus dimiliki di era digital. Meski begitu, memilih laptop yang tepat dan sesuai terkadang membingungkan karena begitu banyak jenis laptop di pasaran.

Jika hendak membeli laptop, Anda perlu memperhatikan tujuh hal penting berikut.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Saat memilih laptop, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya untuk menulis, mengolah data, mendesain grafis, mengedit video, atau bermain game.

Pasalnya, berbagai aktivitas tersebut membutuhkan spesifikasi laptop yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kenali terlebih dahulu kebutuhan Anda untuk menyesuaikan spesifikasi laptop yang akan dibeli.

2. Spesifikasi

Langkah selanjutnya adalah memilih laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa spesifikasi yang perlu diperhatikan adalah prosesor, random access memory (RAM), SSD, resolusi layar, serta kartu grafis.

Sebaiknya, pilih laptop yang memiliki RAM besar, serta prosesor dan kualitas layar terbaik. Terlebih, jika Anda membutuhkan laptop untuk mengedit video dan desain grafis.

Ilustrasi laptop MSI untuk gaming
MSI Ilustrasi laptop MSI untuk gaming

3. Harga

Setelah mengetahui kebutuhan dan spesifikasi laptop yang hendak dibeli, sekarang mulailah menyortir laptop yang disesuaikan dengan bujet Anda. Untuk memudahkan menyortir, tentukan bujet batas bawah dan atas dari laptop-laptop incaran yang sesuai kebutuhan dan spesifikasi. Dari hasil sortiran itu, Anda tinggal memilih satu laptop yang paling disukai.

Terkait harga, Anda bisa pula memanfaatkan promo yang sedang berjalan untuk menghemat pengeluaran pembelian laptop. Salah satunya adalah program promo 2023 Lucky Deals dari MSI yang diselenggarakan mulai dari 2 Januari 2023 hingga 26 Februari 2023.

2023 Lucky Deals memberikan diskon hingga Rp 5 juta untuk setiap pembelian laptop MSI yang diikutkan dalam program promo. Adapun hampir seluruh model laptop MSI termasuk ke dalam promo awal tahun ini, mulai dari laptop untuk bekerja atau belajar, laptop untuk membuat konten, hingga laptop untuk bermain game.

Promo 2023 Lucky Deals
MSI Promo 2023 Lucky Deals

Promo 2023 Lucky Deals cocok untuk Anda yang ingin membeli laptop dengan spesifikasi unggul, tetapi tetap hemat bujet. Informasi lengkap mengenai promo dan informasi pembelian secara online bisa didapat dengan mengunjungi https://msi.gm/kompasLD. Sementara, pembelian secara offline dapat mengunjungi link berikut https://msi.gm/kompasWTB.

4. Material dan desain bodi laptop

Bodi laptop juga merupakan salah satu hal penting yang patut diperhatikan sebelum membeli laptop. Pilihlah laptop dengan material kokoh sehingga daya tahannya lama.

Kemudian, pilih pula desain bodi laptop yang cocok dengan preferensi Anda. Dengan demikian, laptop bisa menunjang penampilan Anda saat dipakai di tempat umum atau kantor.

5. Kelengkapan koneksi

Di era digital, konektivitas dengan internet sudah menjadi keniscayaan. Oleh karena itu, laptop yang Anda pilih harus mempunyai konektivitas tersebut, seperti port LAN dan WiFi, agar terhubung dengan internet.

Jangan lupa, teknologi konektivitas pada laptop juga harus merupakan teknologi terkini, misalnya WiFi 6. Dengan teknologi terbaru, Anda bisa menikmati jaringan internet yang lebih cepat.

Selain konektivitas internet, Anda juga perlu mengecek kelengkapan fitur Bluetooth 5.0, port HDMI, port USB 3.0, dan audio jack 3,5 mm, pada laptop.

6. Sistem operasi

Laptop membutuhkan sistem operasi agar bisa menjalankan program. Sebagian besar laptop sudah dilengkapi sistem operasi original. Ada pula laptop yang dijual tanpa sistem operasi. Agar tidak menambah biaya dan kerepotan, pilihlah laptop yang sudah dilengkapi sistem operasi original.

7. Garansi

Garansi juga tak kalah penting dalam membeli laptop. Hal ini untuk memastikan bahwa keandalan laptop Anda terjamin selama masa tertentu. Jika terjadi cacat atau malafungsi, Anda pun bisa mengklaim garansi kepada produsen laptop.

Sebagian besar merek laptop pun memberikan kemudahan untuk klaim garansi. Contohnya, klaim garansi online melalui aplikasi serta call center.

Ilustrasi laptop MSI
MSI Ilustrasi laptop MSI

Itulah tujuh hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop. Pastikan Anda membeli laptop sesuai kebutuhan. Laptop dari MSI, misalnya, memiliki berbagai jenis produk yang dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan penggunaannya, seperti pembuatan konten, produktivitas, serta gaming.

Untuk memiliki laptop berkualitas dengan hemat, yuk segera ikutan promo 2023 Lucky Deals dari MSI. Informasi lebih lengkap terkait program tersebut bisa didapat dengan mengunjungi tautan berikut.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com