Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Duluan Fitur Edit Foto Samsung "Galaxy Enhance-X" Sebelum Dirilis

Kompas.com - 04/04/2023, 10:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Samsung menyelenggarakan "Samsung FAM Trip" di kantor pusat Samsung di Samsung Digital City (SDC), Suwon, Korea Selatan pada Senin (3/4/2023).

Kali ini, program ini diikuti oleh sedikit media dan pengulas gadget dari beberapa negara Asia Tenggara. Dari Indonesia, jurnalis KompasTekno Galuh Putri Riyanto berkesempatan ikut serta dalam acara tersebut.

Secara singkat, acara ini mengajak media dan pengulas gadget untuk mengunjungi kantor pusat Samsung. Dalam kesempatan ini, KompasTekno mendapat kesempatan untuk mencoba salah satu fitur yang bakal dirilis Samsung dalam waktu dekat, yaitu "Galaxy Enhance-X".

Baca juga: Kamera 12 MP Galaxy S23 Ultra Sudah Cukup, Kamera 200 MP untuk Apa?

Galaxy Enhance-X ini dirancang sebagai aplikasi tempat berkumpulnya alat alias tools edit foto bawaan di HP Samsung. Aplikasi edit foto yang sebentar lagi rilis ini menggunakan teknologi AI yang lebih canggih.

Saat mencoba Galaxy Enhance-X, kami melihat ada fitur seperti HDR, Brighten, Fix Blur, Sharpen, Remove Reflection, Remove Shadow, UW Retouch, Polish Photo, Potrait, dan Face.

Pada dasarnya, beberapa edit foto yang ada di Galaxy Enhance-X sebenarnya sudah tersedia secara bawaan di galeri HP Samsung.

Misalnya, ada fitur Photo Remaster untuk membuat foto lebih tajam dan terang. Fitur Remaster Photo juga bisa membuat foto yang blur menjadi lebih tajam.

Jadi, fungsi Remaster Photo itu sangat mirip dengan fitur HDR dan Fix Blur di Galaxy Enhance-X. Perbedaannya, pengguna bisa mengatur tingkat ketajaman dan terang foto yang dieditnya, sementara fitur Remaster Photo tidak bisa.

Galaxy Enhance-X, tools edit foto bawaan di HP Samsung yang bakal segera dirilis. Dalam foto ini, kami mencoba tools HDR untuk membuat gambar low light (minim cahaya) menjadi foto yang lebih terang dan tajam.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Galaxy Enhance-X, tools edit foto bawaan di HP Samsung yang bakal segera dirilis. Dalam foto ini, kami mencoba tools HDR untuk membuat gambar low light (minim cahaya) menjadi foto yang lebih terang dan tajam.
Kini, Samsung mencoba menjadikan tools edit foto bawaannya menjadi satu wadah dan ditingkatkan kemampuannya. Berikut beberapa fungsi dari tools edit foto di Galaxy Enhance-X.

Baca juga: Memotret ala Profesional Menggunakan Expert RAW di Samsung Galaxy S23 Series

  • HDR: membuat foto semakin terang dan tajam. pengguna bisa atur tingkat HDR dari 1-4 poin.
  • Brighten: membuat foto lebih terang.
  • Fix Blur: membuat foto dengan obyek blur menjadi lebih tajam.
  • Sharpen: mempertajam detail foto.
  • Remove Reflection: menghilangkan pantulan dalam foto.
  • Remove Shadow: menghilangkan bayangan dalam foto.
  • Potrait: menyesuaikan efek bokeh di foto. pengguna bisa mengatur tingkat bokeh, jenis bokeh, hingga mengganti latar belakang bokeh dengan warna solid dan menjadi foto black and white.
  • Face: menyesuaikan kehalusan wajah, warna tone kulit wajah, serta bentuk rahang.

Menurut petinggi Samsung, bila mendapatkan umpan balik yang baik, fitur edit foto bawaan Galaxy Enhance-X rencanya bakal diluncurka akhir April ini. Jadi, kita tunggu saja.

Selengkapnya, tonton video singkat berikut ini untuk melihat tools edit foto Galaxy Enhance-X bekerja.

@kompastekno first look on Galaxy Enhance-X, preloaded tools for photo editing in Samsung Galaxy phones. #samsungdigitalcity #samsungdigital# #samsung #withgalaxy #s23ultra #GalaxyEnhancedX ? Strawberry - Prod. By Rose
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com