Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pernah Kirim “WA Me Settings” atau Aplikasi WhatsApp Bakal Eror!

Kompas.com - 29/05/2023, 10:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, media sosial tengah diramaikan dengan perbincangan warganet tentang format chat yang dapat membuat aplikasi pesan instan WhatsApp (WA) eror dan keluar sendiri (force close). Format chat itu adalah “WA Me Settings”.

Chat “WA Me Settings” secara spesifik merupakan pesan yang berbentuk tautan atau link seperti ini “wa(.)me/settings” (tanpa tanda kutip dan buka-tutup kurung).

Baca juga: Apakah Chat di WhatsApp Bisa Membuat Memori HP Penuh? Begini Penjelasannya

Sebagaimana umum diketahui, link “wa.me” sendiri biasa dipakai untuk chat kontak tanpa menambahkan nomornya. Akan tetapi, jika setelah tanda garis mirip ditambah kata “settings” maka bakal menghasilkan dampak yang mengganggu pengguna.

Di media sosial seperti Twitter, ramai warganet yang membicarakan WhatsApp eror akibat WA Me Settings. Keramaian ini salah satunya bisa dilihat lewat twit dari akun base @sbyfess, sebagaimana tertera di bawah ini.

Pada twit tersebut, pengirim memberi peringatan ke pengguna lain agar tidak mencoba kirim chat WA Me Settings, tetapi tak dijelaskan kenapa dilarang. Kemudian, di kolom komentar, ada yang membagikan video WhatsApp eror akibat WA Me Settings dan keluar sendiri.

Melihat keramaian ini, KompasTekno sempat menjajal sendiri mengirim chat WA Me Settings. Dari percobaan yang telah dilakukan, adapun dampak chat WA Me Settings adalah sebagai berikut.

Dampak chat WA Me Settings

Sama seperti yang dirasakan warganet, dampak chat WA Me Settings adalah membuat aplikasi WhatsApp eror dan keluar sendiri. WA Me Settings tampaknya merupakan pesan yang dapat memicu bug dari aplikasi WhatsApp, sehingga bisa eror dan keluar sendiri.

Berdasarkan percobaan kami, link WA Me Settings tak perlu diklik dan dibuka untuk bisa membuat aplikasi WhatsApp eror. Aplikasi WhatsApp bakal eror dan keluar sendiri secara otomatis saat kami membuka ruang obrolan yang berisi link WA Me Settings.

Sementara itu, ruang obrolan yang tak berisi link WA Me Settings tetap masih bisa dibuka dan tidak ada dampak WhatsApp eror. Kami telah mencoba efek link WA Me Settings di beberapa jenis platform (Android/iOS) serta versi aplikasi WhatsApp. Hasilnya, aplikasi WhatsApp eror ternyata tak terjadi di semua platform dan versi WhatsApp.

Secara umum, dampak WA Me Settings cenderung menyasar ponsel berbasis Android, namun juga tak semuanya. Pada aplikasi WhatsApp beta versi 2.23.10.19 di ponsel Android, link WA Me Setting di ruang obrolan menyebabkan aplikasi WhatsApp keluar sendiri.

Baca juga: 2 Cara Membuat Link WA dengan Pesan Otomatis Saat Dibuka

Saat aplikasi WhatsApp versi tersebut tiba-tiba tertutup dan tampilan berada di layar “Home, kami menjumpai pesan bahwa terdapat aplikasi terdapat bug dan disarankan untuk menghapus penyimpanan WhatsApp.

Pesan peringatan yang muncul setelah aplikasi WhatsApp keluar sendiri gara-gara membuka ruang obrolan ayng terdapat link WA Me Settings.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Pesan peringatan yang muncul setelah aplikasi WhatsApp keluar sendiri gara-gara membuka ruang obrolan ayng terdapat link WA Me Settings.

Efek yang berbeda kami jumpai di aplikasi WhatsApp beta Android versi 2.23.11.18. Pada wadah tersebut, saat link WA Me Settings terkirim di ruang obrolan, kami tidak menjumpai aplikasi WhatsApp eror dan keluar sendiri.

Meski tak berefek membuat aplikasi WhatsApp eror, kami tetapi menemukan pesan seperti gambar di atas ketika link WA Me Settings di ruang obrolan diklik.

Kemudian, efek link WA Me Settings yang dapat membuat aplikasi WhatsApp eror tidak kami temukan pada aplikasi WhatsApp versi 23.9.77 di iPhone. Bahkan, ketika link WA Me Settings diklik di wadah ini, tak muncul pesan terdapat bug seperti gambar di atas.

Link WA Me Settings di ruang obrolan juga tidak berdampak apabila dibuka melalui WhatsApp Web. Dengan adanya dampak membuat aplikasi WhatsApp eror, link WA Me Settings sangat merugikan pengguna.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com