Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] - Eropa Bakal Wajibkan HP Pakai Baterai Lepas-Pasang | Game RP Lagi Viral di TikTok, Apa Itu?

Kompas.com - 20/06/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Komisi Uni Eropa kembali merencanakan aturan baru soal gadget. Setelah mewajibkan vendor elektronik untuk menggunakan port USB-C, kini komisi Uni Eropa tengah menyiapkan aturan baru yang akan mewajibkan gadget menggunakan baterai lepas-pasang.

Kabari ini menjadi salah satu berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Berita lain yang juga cukup banyak dibaca adalah soal Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max yang sengaja dibekukan selama enam jam. Percobaan ini dilakukan untuk melihat setangguh apa kedua ponsel flagship ini.

Berita populer lainnya adalah soal game "RP" atau roleplay yang saat ini sedang viral di mesia sosial TikTok. Selengkapnya bisa disimak di rangkuman berita teknologi KompasTekno berikut.

Baca juga: [POPULER TEKNO] - Lagi Tren Foto AI Mirip Artis Korea dengan Aplikasi Snow | Segera Jual iPhone X dan iPhone 8, Ini Alasannya

HP di Eropa bakal wajib pakai baterai lepas-pasang

Anggota parlemen Uni Eropa dikabarkan tengah mendiskusikan dan meminta vendor smartphone untuk memasang komponen baterai gadget yang mudah diganti. Artinya, baterai yang dimaksud adalah baterai yang dapat dilepas-pasang, atau dikenal dengan istilah baterai lepasan.

Aturan baru ini tentunya cukup merepotkan sebagian besar vendor gadget dan smartphone yang menjual perangkatnya di wilayah Eropa. Seperti yang diketahui, komponen baterai yang disematkan ke ponsel sudah menggunakan sistem tanam.

Baterai tanam dianggap lebih unggul karena membuat desain perangkat lebih ramping. Sementara itu, baterai lepasan membutuhkan rangka plastik khusus untuk memisahkan komponen dengan bagian mesin HP. Ini membuat perangkat terlihat lebih gemuk.

Informasi selengkapnya bisa disimak di artikel "HP Wajib Pakai Baterai Lepas-Pasang di Eropa".

Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max dibekukan selama 6 jam

(Kiri-kanan) Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone14 Pro Max yang sedang direndam air berkarbonasi dan bakal dibekukan di kulkas selama enam jamYouTube/Tech Droider (Kiri-kanan) Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone14 Pro Max yang sedang direndam air berkarbonasi dan bakal dibekukan di kulkas selama enam jam

YouTuber sekaligus pembocor gadget, TechDroider menguji coba ketahanan dua flagship dari Samsung dan Apple, yakni Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max.

Caranya adalah dengan menenggelamkan kedua ponsel yang masih dalam kondisi baik, ke dalam sparkling water menggunakan wadah kotak plastik.

Setelah terendam air berkarbonasi, kotak di masukkan ke dalam kulkas selama enam jam.
Setelah dibekukan, kedua ponsel kemudian dikeluarkan dan coba dinyalakan kembali.

Apakah masih menyala? Jawabannya ada di artikel "Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max Dibuat Beku 6 Jam, Masih Aman Dipakai?".

Apa itu data "others" di smartphone Android?

Ketika Anda membuka "Pengaturan" ponsel dan melihat rincian memori yang digunakan, biasanya akan muncul folder penyimpanan "Others" atau "Lainnya". Folder itu umumnya ditemukan di kategori penyimpanan internal HP Android.

Umumnya kategori data “Others” justru menyimpan kapasitas yang lebih banyak sehingga sering berukuran lebih besar daripada kategori penyimpanan jenis file lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com