Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengiriman HP di Indonesia Lesu, Begini Kondisi di ITC Roxy

Kompas.com - 20/06/2023, 10:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kios-kios HP berderet dengan papan namanya masing-masing di lantai dasar, ditunggui oleh sales promotion girl/boy (SPG/B). Sejumlah pengunjung berlalu lalan.

Ketika salah satu pengunjung mendekati atau melihat produk yang ada di konter, tim sales akan langsung sigap menawarkan produknya. Beberapa dari mereka ada yang berlalu lalang membeli smartphone atau aksesorisnya.

Nampak beberapa konter ada yang tutup di lantai dasar, tetapi jumlah kios HP yang tutup di lantai dasar itu tidak sebanyak di lantai atas.

Begitulah suasana pusat perdagangan elektronik, khususnya smartphone/HP di ITC Roxy Mas, Jakarta Barat, saat KompasTekno berkunjung pada Senin (12/6/2023) sekitar pukul 11.00 WIB.

Sebelumnya, dua lembaga riset pasar, Counterpoint dan IDC merilis laporan bahwa pasar smartphone Indonesia turun kurang lebih 11 persen pada kuartal I-2023 ini. Lantas bagaimana kondisi di pusat perbelanjaan elektronik ITC Roxy ini?

Saat KompasTekno menjelajah dari lantai ke lantai, jumlah pengunjung di ITC Roxy Mas diakui berkurang oleh para pemilik konter. Walaupun ada konter HP yang buka, namun nampak segelintir orang saja yang nampak, bahkan ada yang tidak ada pengunjungnya sama sekali.

Baca juga: Ini Sebab Pasar Ponsel Indonesia Turun 11,9 Persen Menurut IDC

Di beberapa titik tertentu, toko hanya ramai oleh petugas penjualan/karyawan konter smartphone saja, tidak ada konsumen yang datang.

Konsumen memadati toko penjual aksesoris smartphone di ITC Roxy MasKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Konsumen memadati toko penjual aksesoris smartphone di ITC Roxy Mas

Kendati demikian, ada hal yang menarik. Ketika naik ke lantai 2, tempat di mana aksesoris dan spare part HP dijual, kami menemukan bahwa toko yang terletak di gang yang cukup sempit dipadati oleh banyak konsumen.

Setelah diamati lebih lanjut, pembeli yang berkerumun di depan toko ternyata tengah membeli aksesoris smartphone, seperti kasing ponsel, kabel charger, adaptor atau “kepala charger”, dan sebagainya.

Toko lain yang menjual spare part ponsel juga cukup padat, tetapi tidak sepadat penjual aksesoris smartphone. Setelah itu, di titik lain, banyak toko yang tutup, rolling door depan toko terbuka setengah tetapi tidak ada penjualnya.

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Kuartal I-2023 Versi IDC, Samsung Teratas

Berdasarkan pengalaman para penjaga konter HP yang diwawancarai KompasTekno, suasana seperti itulah yang dialami mereka akhir-akhir ini.

Namun momen Lebaran di awal tahun 2023 lalu dikatakan mereka cukup membantu, toko lebih banyak pengunjungya dan penjualan smartphone di toko mereka ikut terbantu.

Namun, di satu sisi, ada penjual toko lain juga yang mengaku momen Idul Fitri justru tidak membantu penjualan smartphone di tokonya. Pemilik toko Queen Cell bernama Devi mengaku momen saat pandemi justru lebih tinggi dibanding sekarang.

Gak terlalu (ramai) pas Lebaran, gak terlalu ada efek ramainya. Lebih ramai pas zaman pandemi, orang-orang pada beli HP buat anak sekolah. Yang beli mah (sekarang) ada, cuman gak sebanyak waktu PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar),” ujar Devi.

Smartphone paling laku di Roxy

Ilustrasi smartphone yang cukup diminati di ITC Roxy MasKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Ilustrasi smartphone yang cukup diminati di ITC Roxy Mas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com