Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Laptop, Asus Bakal Rakit PC di Indonesia

Kompas.com - 22/06/2023, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asus bakal memproduksi Personal Computer (PC) di Indonesia. Hal ini disampaikan Aldy Ramadiansyah, ASUS Commercial Product Manager di sela-sela media visit ke PT Sat Nusapersada, Batam, Kepulauan Riau.

"PC rencananya juga akan diproduksi (di Indonesia)," kata Aldy di usai pemaparan tahapan produksi laptop Asus di PT Sat Nusapersada, Batam, Senin (19/6/2023).

Sama seperti laptop, perangkat PC Asus nantinya juga bakal diproduksi di PT Sat Nusapersada, Batam. Pihak Sat Nusapersada sendiri menyatakan siap memproduksi PC milik Asus.

Soal jadwalnya, Aldy berkata belum bisa membagikan tanggal rinci. Yang jelas, PC Asus yang diproduksi di Indonesia bakal mulai dirakit pada kuartal IV-2023.

"PC untuk saat ini belum dapat info pastinya tanggal berapa. Baru dapat gambaran akan mulai di kuartal IV," ujar Aldy dihubungi KompasTekno, Rabu (21/6/2023).

Baca juga: Begini Proses Perakitan Laptop Asus yang Dibuat di Batam

Nantinya, PC yang diproduksi secara lokal, ditujukan Asus untuk memenuhi permintaan pemerintah. Jadi, Asus bakal mengajukan diri sebagai tender pemerintah dalam proyek pengadaan barang berupa komputer.

Produksi ChromeBook dalam waktu dekat

Kerja sama lainnya antara Asus dengan Sat Nusapersada, yaitu produksi laptop ChromeBook. Laptop ini juga bakal diproduksi di pabrik Sat Nusapersada dalam waktu dekat guna memenuhi kebutuhan pemerintah akan laptop segmen edukasi.

"Yang (akan diproduksi) dalam waktu dekat Chromebook, karena memang ada kebutuhan untuk segmen edukasi. Memang perlu laptop berbasis Google, jadi kita juga akan produksi ChromeBook di sini (Batam)," papar Head of Public Relations Asus Indonesia, Muhammad Firman.

Adapun langkah Asus memproduksi laptop dan komputer di Indonesia adalah untuk memenuhi kebijakan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) soal Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) laptop maupun komputer minimal 25 persen.

Namun perlu dicatat bahwa kebijakan itu ditujukan khusus untuk vendor yang ingin menjadi tender proyek pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah. Adapun laptop yang dijual ke konsumen, belum wajib memenuhi kebijakan tersebut.

Baca juga: ExpertBook P1412 Kantongi TKDN 25 Persen, Laptop Pertama Asus Rakitan Indonesia

Sebelum ChromeBook dan PC, laptop atau komputer pertama Asus yang diproduksi di Indonesia yaitu seri ExpertBook P1 (P1412). Perangkat ini dirakit oleh Sat Nusapersada dengan nilai TKDN dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) sekitar 30 persen lebih.

Laptop ExpertBook P1 sendiri sudah selesai diproduksi tahap pertama dan diedarkan pada Maret lalu. Setidaknya, 2.000 unit laptop tersebut sudah diserap oleh beberapa kementerian melalui proyek pengadaan barang.

Adapun sebelumnya, aneka laptop Asus yang dipasarkan di Indonesia, termasuk untuk proyek pengadaan barang, merupakan perangkat yang diproduksi di China serta Taiwan, kemudian diimpor ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com