Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar Ponsel Lipat Google Pixel Fold Bermasalah, Bergaris, Mengelupas, dan Mati

Kompas.com - 04/07/2023, 15:40 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Ponsel lipat Google Pixel Fold resmi dirilis kepada konsumen pada 27 Juni lalu. Namun, tidak lama setelah dirilis, sejumlah konsumen sudah melaporkan adanya masalah layar lipat Pixel Fold.

Laporan pertama datang dari Ron Amadeo, dari outlet media Ars Technica. Masalah layar yang ditemukan oleh Amadeo yaitu layar OLED Pixel Fold tiba-tiba mati tanpa sebab yang pasti.

Menurut Amadeo, kemungkinan ada partikel kecil yang masuk ke celah antara pelindung layar dengan bezel Pixel Fold yang tertekan ketika layar ponsel dilipat. Hal inilah yang diduga jadi penyebab kerusakan.

Tidak hanya Amadeo, pengguna Pixel Fold lainnya juga melaporkan adanya masalah layar Pixel Fold melalui situs Reddit. Menurut pengguna tersebut, layar Pixel Fold miliknya agak penyok di beberapa titik. Meski demikian, tampilan layar masih berfungsi normal.

Baca juga: Pixel Fold Resmi Meluncur, Ponsel Lipat Pertama Buatan Google

Pemilik Pixel Fold lainnya melaporkan bahwa pelindung layar Pixel Fold sedikit mengelupas. Selain itu, ia juga mendapati adanya goresan layar. Masalah yang sama juga ditemukan oleh Allison Johnson dari media The Verge, khususnya setelah ia mencoba Pixel Fold selama seminggu.

Masih soal layar, pengguna dengan username marcusr_uk di Reddit juga melaporkan adanya garis merah muda di layar Pixel Fold.

Respons Google

Masalah yang ditemukan tidak lama setelah Pixel Fold dirilis, membuat Google buka suara. Google menyarankan pengguna yang menemukan ada masalah di layar Pixel Fold mereka untuk segera menghubungi pusat dukungan Google.

"Kami menyarankan siapa pun yang mendapati masalah (Pixel Fold) untuk menghubungi pusat dukungan agar diselidiki," kata juru bicara Google, Alex Moriconi, dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (4/7/2023).

Selain itu, Google juga berencana bekerja sama dengan iFixit agar pengguna bisa perbaiki sendiri masalah ponsel Pixel, memakai alat dari iFixit.

Ponsel lipat pertama Google

Pixel Fold sendiri merupakan smartphone lipat pertama dari Google. Perangkat ini diumumkan perdana dalam konferensi pengembang tahunan Google I/O pada awal Mei lalu.

Dengan dirilisnya Pixel Fold, Google resmi ikut meramaikan pasar ponsel lipat dunia, bersaing dengan Samsung (Galaxy Z Fold), Oppo (Find N), Vivo (X Fold), serta Huawei (Mate X).

Pixel Fold memiliki mekanisme lipatan horizontal atau mirip seperti buku. Mekanisme lipatannya sama persis dengan Galaxy Z Fold atau Oppo Find N.

Seperti ponsel lipat lainnya, Google Pixel Fold memiliki dua layar, yaitu layar utama (dalam keadaan direntangkan) serta cover screen (dalam keadaan dilipat) atau layar sekunder.

Untuk spesifikasinya, layar utama Pixel Fold mengusung panel OLED 7,6 inci dengan resolusi 2.208 x 1.840 piksel, refresh rate 120 Hz, serta tingkat kecerahan (brightness) maksimum 1.450 nits.

Baca juga: Chatbot AI Buatan Google Sebut iOS Lebih Baik dari Android

Sementara cover screen Pixel Fold, dibekali panel OLED 5,8 inci dengan resolusi 2.092 x 1.080 piksel, refresh rate 120 Hz, serta tingkat brightness maksimum 1.550 nits.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com