Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Andalkan Reno 10 5G untuk Jaga Pangsa Pasar di Indonesia

Kompas.com - 13/07/2023, 15:27 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam acara bertajuk “Oppo Reno 10 First Impression”, Oppo memamerkan smartphone terbarunya dari keluarga Reno series, yakni Oppo Reno 10 5G pada Kamis (13/7/2023).

Walau belum resmi meluncur di Indonesia, Head of PR Oppo Indonesia, Baskoro Adiwiyono mengungkapkan bahwa kehadiran Oppo Reno 10 5G diharapkan dapat mendongkrak penjualan smartphone Oppo di Indonesia, sehingga bisa menjaga pangsa pasar.

“Kami berharap melalui Oppo Reno 10 5G yang akan kami luncurkan bisa memantapkan posisi kami (sebagai vendor ponsel nomor satu di Indonesia) dan melayani konsumen Indonesia dengan inovasi dan teknologi yang terbaik,” ujar Baskoro dalam acara jumpa media di Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Baca juga: Kesan Pertama Menggenggam Oppo Reno 10 5G di Indonesia, Bodi Tipis, Ringan, dan Desain Keren

Seperti yang diketahui, firma riset pasar smartphone, Counterpoint Research menempatkan Oppo sebagai pemimpin pangsa pasar (market share) smartphone di Indonesia pada kuartal I-2023 (Januari-Maret 2023).

Oppo memiliki market share (pangsa pasar) di Indonesia sebesar 22,9 persen. Posisi kedua disusul oleh Samsung sebesar 18,2 persen. Posisi ketiga sampai keenam masing-masing diduduki oleh Vivo, Realme, Xiaomi, dan Infinix.

Baskoro menyebut bahwa pencapaian tersebut bisa terjadi berkat peluncuran ponsel lipat Oppo pertama di Indonesia, Oppo N2 Flip, dan momen Lebaran 2023 yang terjadi di awal tahun 2023.

“Memang Oppo berhasil memantapkan posisi sebagai produsen smartphone dengan market share tertinggi di kuartal I-2023. Yang mana, hal tersebut dibantu oleh Oppo N2 Flip yang di-launching di kuartal satu dan kuartal dua tahun kemarin,” jelas Baskoro.

“Ada juga kontribusi dari pengiriman pada saat puasa dan Lebaran 2023. Jadi, memang kami harap Oppo Reno 10 5G yang akan digelar bisa mendongkrak penjualan Oppo,” pungkas Baskoro.

Tanda Oppo Reno 10 masuk Indonesia

Dalam kesempatan yang sama, Oppo Reno 10 5G dilaporkan bakal segera meluncur ke Indonesia dalam waktu dekat.

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Versi Counterpoint, Oppo Teratas

Baskoro menyebut seri Reno yang dibawa kali ini bakal mewarisi spesifikasi unggulan dari pendahulunya, Oppo Reno 8 series. Keunggulannya terletak di desain, kamera, dan chipset yang ngebut.

"Oppo Reno 10 5G kali ini punya tren desain yang stylish dan kami ingin menghadirkan perangkat yang powerful dan desain yang premium," ujar Baskoro saat menjelaskan kebaruan desain Oppo Reno 10 5G.

Tanda-tanda kehadiran perangkat ini juga semakin terendur. Merujuk pada pantauan KompasTekno, Oppo Reno 10 series sudah muncul di laman sertfikasi Postel Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian.

Terdapat sertifikat bernomor 90328/SDPPI/2023 yang diajukan oleh PT Bright Mobile Telecommunication pada 5 Mei 2023. Dalam rincian sertifikat tersebut, perangkat Oppo itu memiliki nomor model "CPH2521".

Nomor model Oppo CPH2521 yang sama juga sudah terdaftar di laman TKDN dengan nilai TKDN sebesar 36,35 persen. Menurut penelusuran yang dilakukan, perangkat Oppo CPH2521 merujuk pada perangkat Oppo Reno 10 Pro Plus 5G.

Baca juga: Begini Tampang Oppo Reno 10 5G yang Segera Masuk Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com