Kompas.com - 23/05/2022, 14:04 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan riset Counterpoint Research merilis laporan baru terkait pasar smartphone di Indonesia pada kuartal I-2022.

Berdasarkan riset bertajuk "Monthly Indonesia Smartphone Channel Share Tracker" itu, Oppo menduduki posisi pertama dalam lima besar vendor smartphone di Tanah Air pada kuartal I-2022.

Seperti kuartal yang sama di periode sebelumnya, Oppo masih berkuasa sebagai vendor smartphone nomor satu di Indonesia. Pangsa pasar vendor asal China itu sebesar 22,9 persen di kuartal ini, turun tipis dari kuartal I-2021, yang kala itu mencapai 22,9 persen.

Baca juga: Counterpoint: Oppo Vendor Smartphone Nomor 1 di Indonesia

Berikut rincian 5 besar vendor smartphone di Indonesia pada kuartal I-2022, versi Counterpoint Research:

  1. Oppo (22,9 persen)
  2. Vivo (20,6 persen)
  3. Samsung (17,7 persen)
  4. Xiaomi (14,3 persen)
  5. Realme (11 persen)
  • Oppo

Menurut Counterpoint, pencapaian yang dihasilkan Oppo, dipengaruhi oleh peluncuran Reno-series dan A-series generasi baru. Jika dilihat, selisih pangsa pasar Oppo dengan Vivo yang berada di posisi kedua, cukup tipis dan berpeluang terkejar.

  • Vivo

Pada kuartal yang sama, Vivo meraih pangsa pasar 20,6 persen, naik dari kuartal I-2022 sebesar 19,6 persen. Menurut Counterpoint, pertumbuhan ini dipengaruhi oleh popularitas Vivo Y-series dan V-series, termasuk oleh peluncuran Vivo Y75 dan V23 yang memiliki dukungan jaringan 5G.

Baca juga: 5 Besar Pasar Smartphone Indonesia Kuartal III 2019 Versi Counterpoint

  • Samsung

Pertumbuhan Samsung pada kuartal awal 2022 terbilang signifikan dengan kenaikan pangsa pasar dari 12,6 persen di kuartal I-2021, menjadi 17,7 persen di kuartal I-2022.

Pertumbuhan ini dituai perusahaan berkat produk kelas menengah dan low-end, seperti A-series dan M-series.

Selain itu, beberapa smartphone baru perusahaan juga ikut berkontribusi mendongkrak pertumbuhan perusahaan, seperti Samsung Galaxy S21 FE, Galaxy S22, Galaxy A03 dan Galaxy A53.

Untuk model Galaxy S22 Ultra, Counterpoint menyebut smartphone ini menjadi pilihan konsumen untuk segmen premium. Model ini disebut menarik karena tidak hanya hadir sebagai suksesor S21 series namun juga karena dukungan S-Pen warisan dari Galaxy Note series.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy S22 Ultra, Serupa Galaxy Note dan Punya Stylus Bawaan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.