Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pria Jepang Berkeliling 7.000 Km demi Lamar Kekasih dengan Tulisan "Marry Me" di Google Maps

Kompas.com - 14/07/2023, 10:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lamaran biasanya menjadi momen spesial bagi sepasang kekasih. Sehingga orang yang ingin melamar kerap menyiapkan acara atau kejutan khusus untuk sang pacar.

Hal itulah yang dilakukan pria asal Jepang bernama Yasushi "Yassan" Takahashi pada 2010 silam. Pria ini rela menempuh perjalanan ribuan kilometer demi menciptakan rute bertuliskan "Marry Me" (menikahlah denganku) di Google Maps.

Cerita awalnya, pada 2008, Yassan ingin melamar kekasihnya, namun tak tahu caranya. Pada suatu ketika, Yassan melihat sebuah GPS Art, di mana orang membuat tulisan atau gambar di atas peta dengan aplikasi navigasi yang mengandalkan GPS (Global Positioning System).

Dari situ, Yasushi Takahashi ingin melamar kekasihnya dengan tulisan "Marry Me" yang bukan ditulis di atas kertas biasa, melainkan di atas peta digital. Yassan pun merencakan rute "Marry Me" itu di Google Earth.

Yassan memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya, kemudian pergi keliling Jepang menggunakan mobilnya.

Baca juga: Cek Alamat Ini “51 Jefferson Ave Toronto M6K 1Y3 Canada” di Google Maps, Muncul Kata Unik

Yasushi Takahashi dilaporkan menempuh perjalanan dari Pulai Hokkaido hingga Kagoshima sejauh 7.163,67 kilometer selama enam bulan untuk mencapai misinya itu. Dia menerjang badai, gempa, dan salju demi misi ini.

Selama perjalannya, Yassan mencoba makanan dan mengunjungi tempat-tempat bagus yang hanya pernah dia baca di buku. Saat malam, Yassan akan tidur di dalam mobilnya.

Setelah perjalannya selesai, ia mengunggah data GPS miliknya ke Google Earth. Hasilnya, ada tulisan "Marry Me" ditambah dengan bentuk hati yang memenuhi Pulau Hokkaido.

Pesan itu pun kemudian diperlihatkan ke kasihnya. Sang kekasih mengaku sempat bertanya-tanya kemana perginya Yassan selama enam bulan itu. Namun, kekasih Yassan akhirnya menerima lamarannya setelah melihat tulisan "Marry Me" tadi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari channel YouTube Google, Jumat (14/7/2023).

Baca juga: Cara Menambahkan Nama Tempat di Google Maps Sesuai Keinginan

Tak hanya sukses melamar kekasihnya, Yasushi Takahashi juga mendapatkan rekor dunia Guiness World Record sebagai gambar GPS terpanjang yang dilakukan oleh perseorangan.

Kisah singkat perjalanan Yassan membuat GPS Art "Marry Me" di Google Earth diabadikan oleh Google dalam video berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com