Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poco F5 Bisa Tampilkan Angka Frame Rate di Game, Begini Caranya

Kompas.com - 14/07/2023, 17:07 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dengan chip Snapdragon 7 Plus Gen 2, Poco F5 termasuk bertenaga besar untuk ponsel di kelas harganya yang sekitar Rp 5 jutaan. Perangkat ini pun sanggup menjalankan aneka game dengan setting grafis tinggi dengan mulus.

Seberapa mulus? Kelancaran jalannya game ditentukan oleh frame rate, yakni jumlah frame alias gambar game yang dihasilkan setiap detik (frame per second, fps). Semakin tinggi angkanya, semakin mulus gerakan yang ditampilkan.

Baca juga: Poco F5 Resmi, HP Snapdragon 7 Plus Gen 2 Pertama di Indonesia

Untuk mencari tahu hal tersebut, antarmuka MIUI 14 menyediakan sebuah opsi yang bisa menampilkan angka fps game, termasuk di Poco F5. Cara untuk menggunakannya cukup mudah, seperti yang bisa Anda simak di bawah.

Cara mengaktifkan counter fps di MIUI 14 dan Poco F5

Pertama-tama, bukalah menu Settings ponsel, kemudian About phone > Detailed info and specs. Di sini terdapat keterangan versi antarmuka yang dijalankan, dalam hal ini MIUI 14.

Ketuk (tap) keterangan versi MIUI tersebut beberapa kali untuk mengaktifkan setting tambahan bernama Developer options. Ketika berhasil, akan muncul notifikasi berbunyi "Congratulations, you are now a developer!".

Cara mengaktifkan Developer options di MIUI 14 Poco F5KOMPAS.com/ OIK YUSUF Cara mengaktifkan Developer options di MIUI 14 Poco F5

Langkah berikutnya, carilah menu baru tersebut di dalam Settings. Letaknya ada di dalam Additional settings > Developer options. Anda akan menemukan banyak parameter setting yang biasanya digunakan untuk pengujian perangkat oleh developer.

Baca juga: Poco F5: Harga dan Spesifikasi di Indonesia

Namun jangan khawatir karena di sini juga tersedia beberapa opsi yang bisa berguna untuk pengguna secara umum, seperti menampilkan refresh rate layar dan frame rate tadi.

Cara mengaktifkan counter fps lewat Developer options di MIUI 14 Poco F5KOMPAS.com/ OIK YUSUF Cara mengaktifkan counter fps lewat Developer options di MIUI 14 Poco F5

Untuk frame rate, di Developer options, carilah menu bernama Power consumption seperti gambar di bawah. Kemudian, di pilihan Frame Rate Monitor Tools, ketuk tombol "Start". Ponsel akan langsung menampilkan counter fps di layar.

Tampilan counter fps Poco F5 di game

Counter fps di MIUI 14 menampilkan angka fps, berikut grafik untuk menunjukkan perubahan fps seiring waktu serta beberapa keterangan lain seperti suhu prosesor, serta resolusi dan refresh rate layar.

Nah, angka fps yang ditampilkan ditandai dengan akhiran "fps", seperti bisa dilihat dalam gambar ilustrasi. Angka ini merupakan jumlah frame yang di-render oleh prosesor (CPU dan GPU) ponsel, serta akan berubah-ubah, tergantung efek visual yang ditampilkan di game.

Tampilan counter fps Poco F5 di game Mobile Legends. Frame rate ditunjukkan oleh angka dengan akhiran fps seperti ditunjukkan oleh panahKOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampilan counter fps Poco F5 di game Mobile Legends. Frame rate ditunjukkan oleh angka dengan akhiran fps seperti ditunjukkan oleh panah

Perlu dicatat bahwa fps berbeda dari refresh rate yang terlihat di pojok kiri atas gambar. Angka refresh rate di Poco F5 -dan juga kebanyakan ponsel lain- bersifat statis dan tidak berubah-ubah di dalam game.

Biasanya, angka fps akan berfluktuasi menjadi lebih rendah atau sama dengan refresh rate, tidak pernah lebih karena batas atasnya dilimitasi agar sesuai dengan refresh rate.

Lewat grafik yang ditampilkan, Anda bisa mengetahui konsistensi kinerja Poco F5 di game yang bersangkutan. Apabila terdapat banyak penurunan fps, mungkin ada baiknya mengurangi setting grafis agar beban visual berkurang dan game bisa berjalan lebih lancar.

Baca juga: Tes Game Berat di Poco F5, Hasilnya Rata Kanan Bukan Masalah

Poco F5 akan menyesuaikan refresh rate dengan setting yang dipillih. Misalnya, setting refresh rate "Ultra" di game Mobile Legends: Bang-bang akan menaikkan refresh rate ke angka maksimal sebesar 120 Hz. Frame rate pun akan naik untuk menyesuaikan.

Sementara itu, apabila memilih setting frame rate "90 fps" di game PUBG Battlegrounds, misalnya, Poco F5 akan mengubah refresh rate menjadi 90 Hz agar sinkron dengan frame rate, seperti terlihat di gambar di bawah.

Tampilan counter fps yang diperingkas di game PUBG Battlegrounds. Angka fps ditandai oleh panahKOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampilan counter fps yang diperingkas di game PUBG Battlegrounds. Angka fps ditandai oleh panah

Dalam gambar juga terlihat bahwa counter fps berukuran lebih kecil karena tidak menampilkan grafik.

Anda memang bisa memperingkas ukurannya dengan cara menekan panah kecil di bagian bawah. Jika diinginkan, frame rate counter bisa dilebarkan lagi dengan menekan panah yang sama.

Baca juga: Pakai Snapdragon 7 Plus Gen 2, Berapa Skor Benchmark Poco F5?

Anda pun bisa menggeser-geser lokasinya supaya tidak menghalangi pandangan. Cukup dengan cara sentuh, tahan, dan geser saja.

Selain Poco F5, cara untuk menampilkan counter FPS di atas juga bisa dilakukan di ponsel lain yang sama-sama menjalankan antarmuka MIUI, misalnya Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com