Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Datang Aptos, Font "Default" Microsoft Office yang Gantikan Calibri

Kompas.com - 15/07/2023, 08:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Selamat datang "Aptos". Microsoft resmi mengumumkan jenis huruf (font) default terbarunya, "Aptos" untuk layanan Microsoft Office, Kamis (13/7/2023).

"Hari ini, kami memulai fase terakhir dari perubahan besar ini di mana Aptos akan mulai muncul sebagai font default baru di Word, Outlook, PowerPoint, dan Excel untuk ratusan juta pengguna," tulis Si Daniels, Manajer Produk Utama di Microsoft, dalam sebuah unggahan di blog Microsoft Design.

Dalam beberapa bulan ke depan, Aptos bakal digelontorkan secara bertahap dan bisa digunakan semua pengguna sebagai font default di Microsoft Office.

Dengan hadirnya Aptos, Calibri akan pensiun sebagai font default di Microsoft Office sejak 2007 atau selama kurang lebih 15 tahun terakhir. Meski demikian, Calibri masih akan tersedia di Office.

Baca juga: Sejarah Font Times New Roman, Huruf yang Lahir dari Kritikan

Microsoft memang menyiapkan pengganti Calibri dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2021, perusahaan yang didirikan Bill Gates ini mengumumkan lima kandidat sebagai pengganti Calibri, yaitu Tenorite, Bierstadt, Skeena, Seaford, dan Grandview Font.

Nah, Aptos ini merupakan versi final dari font "Bierstadt" yang sudah melalui serangkaian revisi dan umpan balik (feedback) dari pengguna.

Tampilan Aptos, font default baru di Microsoft Office.Microsoft Tampilan Aptos, font default baru di Microsoft Office.
Font Aptos ini dibuat oleh desainer huruf terkemuka Steve Matteson. Aptos merupakan huruf Sans Serif bergaya kontemporer, mirip tipografi Swiss abad ke-20.

Daniels mengungkapkan bahwa Sans Serif sering kali memiliki bentuk huruf sederhana, bahkan coretan, dan mudah dibaca. Ia mendeskripsikan Aptos sebagai font yang terbuat dari berbagai bentuk geometris, tebal, kaki, dan direktif.

Ujung batang pada setiap abjad Aptos dipotong bersih. Font ini juga mengusung kotak melingkar halus di dalam kontur huruf. Ini memungkinkan keterbacaan yang lebih tinggi, terutama pada ukuran huruf yang kecil.

Baca juga: Calibri Font Default Microsoft Office Bakal Diganti, Ini Kandidatnya

Daniels mengungkapkan, meski digantikan dengan Aptos, Calibri masih akan tetap ada di Microsoft Office. Calibri akan disematkan di menu font paling atas bersama dengan font Times New Roman dan Arial.

Daniels tak memungkiri bahwa pilihan font adalah mutlak menjadi preferensi pengguna. Meski ada font default baru, kata Si Daniels, pengguna selalu dapat memilih font lain sebagai font default di pengaturan.

Di samping itu, meski tak terpilih sebagai font default, Grandview, Seaford, Skeena, dan Tenorit akan tetap disertakan sebagai font baru di Word, Outlook, PowerPoint, dan Excel, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Sabtu (15/7/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com