Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evos Icon Juara Kompetisi Mobile Legends WCG 2023 Korea Selatan

Kompas.com - 31/07/2023, 15:15 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Divisi Mobile Legends (MLBB) junior dari organisasi e-sports asal Indonesia Evos Esports, yaitu Evos Icon menjadi juara kompetisi e-sports internasional World Cyber Games (WCG) 2023.

Evos Icon sukses memenangkan turnamen internasional tahunan yang kini digelar di Busan, Korea Selatan tersebut usai mengalahkan tim asal Filipina, Echo Proud dengan skor 3-2. 

Sebagai pemenang, tim yang digawangi "Vaanstrong", "Sutsujin", "Veldora", "Douma", Cr1te", "Clawww", "Brigm", dan "Caleb" ini berhasil membawa pulang hadiah sebesar 20.000 dollar AS (sekitar Rp 301 juta).

Tim yang berada satu level di bawah Evos Legends ini juga mendapatkan predikat sebagai tim Indonesia pertama yang meraih gelar juara Mobile Legends di seri turnamen WCG.

Baca juga: Moonton Rombak Skill Hero MLBB Sebelum MSC 2023, Balmond Tambah Sakit

Nah, kemenagnan Evos Icon di WCG 2023 tentunya menambah satu trofi kompetisi internasional untuk Evos Esports.

Sebelumnya, Evos Esports, melalui Evos Legends, sudah mendapatkan sejumlah trofi juara di beberapa kompetisi kelas internasional.

Salah satunya adalah trofi juara pertama di kompetisi tahunan International Esports Federation World Esports Championship (IESF WEC) 2022 yang digelar di Bali, Indonesia pada Desember 2022 lalu.

Kompetisi tersebut sebenarnya dimenangkan oleh timnas Indonesia. Namun, seluruh anggota yang ada dalam timnas tersebut adalah pemain profesional dari Evos Legends.

Hal ini bisa terjadi karena Evos Legends berhasil menjadi juara pertama di proses seleksi nasional (Seleknas) IESF WEC 2022. Sehingga, seluruh anggota Evos Legends berhak mewakili Indonesia di ajang utama IESF WEC 2022 untuk game MLBB.

Baca juga: Mantan Juara Dunia MLBB REKT Resmi Bergabung ke Alter Ego Esports

Pada ajang IESF WEC 2022, timnas Indonesia berhasil mengalahkan timnas Filipina dengan skor telak 3-0. Kompetisi ini membuat para pemain dari Evos Legends mendapatkan hadiah uang tunai 50.000 dollar AS (sekitar Rp 754 juta). 

Juara M1 World Championship

Tim Evos Legends Indonesia yang Juara Dunia Mobile Legends 2019.TWITTER/EVOSPORTS Tim Evos Legends Indonesia yang Juara Dunia Mobile Legends 2019.

Selain IESF WEC 2022, Evos Legends juga pernah menjuarai salah satu turnamen internasional bergengsi di skena Mobile Legends, yaitu gelar juara dunia MLBB M1 World Championship yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2019 lalu. 

Gelar juara ini didapatkan Evos Legends setelah mereka berhasil mengalahkan rival mereka yang berasal dari negara yang sama, yaitu RRQ Hoshi dalam ajang Grand Final M1 World Championship dengan skor tipis 4-3. 

Sebagai juara, Evos Legends berhak membawa pulang trofi M1 World Championship, serta hadiah uang tunai sebesar 80.000 dollar AS (sekitar Rp 1,2 miliar). 

Hingga saat ini, dari seluruh tim e-sports MLBB yang ada di Indonesia, hanya Evos Legends saja yang mendapatkan gelar juara turnamen dunia seri M-World Championship. 

Baca juga: Musim Baru PUBG Mobile, Ada 9 Skin Permanen Gratis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com