Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ganti Background Foto Biru Online, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 31/07/2023, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara ganti background foto biru kiranya penting untuk diketahui pengguna, khususnya pengguna yang tengah mempersiapkan syarat administrasi.

Baca juga: Cara Edit Foto Pakai Dasi Online yang Mudah dan Cepat

Dalam syarat administrasi untuk berbagai kegiatan seperti melamar pekerjaan atau daftar sekolah, pengguna biasanya diminta melampirkan foto formal dengan background atau latar belakang berwarna biru polos.

Akan tetapi, tak semua pengguna telah memiliki foto dengan background biru seperti ketentuan syarat administrasi. Pengguna mungkin saja sudah punya foto formal, tetapi warna latar belakangnya bukan biru.

Alhasil, pengguna belum memenuhi syarat yang diminta. Bila mengalami kendala seperti ini, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan ganti background foto biru. Oleh karena itu, artikel ini bakal membahas cara edit background foto biru.

Lantas, bagaimana cara mengganti foto dengan background warna biru? Ganti background foto jadi biru itu cukup mudah. Pengguna bisa ganti background foto jadi biru tanpa perlu menggunakan aplikasi edit foto tambahan seperti Photoshop.

Untuk ganti background foto jadi biru, pengguna dapat memanfaatkan website dengan layanan edit foto online seperti Canva. Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan cara edit background foto biru online via Canva.

Baca juga: Cara Edit Foto Pakai Kemeja Putih Online, Mudah dan Praktis

Cara edit background foto biru online via Canva

  • Sebelum mulai ganti background foto, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menghapus bagian latar belakang foto. Langkah ini berfungsi agar objek utama foto bisa disesuaikan dan ditempel ke background baru yang berwarna biru.
  • Pengguna bisa menghapus bagian latar belakang foto secara otomatis melalui beberapa website dengan layanan background remover, salah satunya seperti www.remove.bg.
  • Di website tersebut, pengguna tinggal mengunggah foto dan bagian latar belakangnya bakal secara otomatis dihapus. Selanjutnya, pengguna bisa mengunduh foto tanpa background dari website itu.
  • Setelah memiliki foto tanpa background, silakan buka website Canva yang beralamatkan di www.canva.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah itu, klik opsi “Custom Size” untuk membuat kanvas desain dengan ukuran yang sesuai ukuran foto, yang hendak diedit latar belakangnya. Contohnya, bila foto berukuran 3x4 maka buat kanvas desain dengan ukuran 2,79 x 3,81 cm.
  • Kemudian, pengguna bakal diarahkan ke halaman pengeditan desain dengan ukuran kanvas yang tadi telah dibuat.
  • Ubah warna kanvas menjadi biru untuk menjadi background.
    Ilustrasi cara edit foto background biru online.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara edit foto background biru online.
  • Selanjutnya, pada halaman pengeditan, silakan klik menu “Uploads”.
  • Unggah foto tanpa background yang telah diunduh tadi.
  • Setelah terunggah, klik foto tanpa background itu.
  • Foto tersebut bakal ditambahkan ke kanvas yang telah berisi background baru berwarna biru.
  • Sesuaikan ukuran foto pada backgroundbaru berwarna biru secara proporsional.
    Ilustrasi cara edit foto background biru online.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara edit foto background biru online.
  • Jika dirasa sudah sesuai, pengguna bisa mengunduh foto dengan background warna biru itu. Caranya klik menu “Share” dan pilih opsi “Downloads”.
  • Kini, pengguna telah berhasil memiliki foto dengan background warna biru.

Cukup mudah bukan cara edit background foto biru? Cara di atas dapat membantu pengguna dalam mendapatkan foto background biru untuk keperluan yang mendesak. Cara edit background foto biru online di Canva bisa dilakukan secara cepat dan praktis.

Baca juga: Cara Mengganti Background Foto dengan AI, Cuma Perlu Masukkan Teks

Pengguna tak perlu harus mahir dulu dalam urusan edit gambar. Demikianlah penjelasan mengenai cara ganti background foto biru dengan memanfaatkan website background remover dan platform Canva, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com