Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Pulihkan Akun Twitter Kanye West Setelah Diblokir Berbulan-bulan

Kompas.com - 01/08/2023, 08:32 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Akun Twitter (sekarang X) musisi asal Amerika Serikat (AS), Kanye West, akhirnya dipulihkan setelah diblokir dari platform sejak Desember tahun lalu, atau sekitar 8 bulan.

Media sosial milik Elon Musk itu mengembalikan akun rapper yang akrab dipanggi Ye, setelah Ye berjanji tidak akan mengunggah konten terlarang.

Meski akunnya dipulihkan, Ye tidak akan mendapati adanya iklan di unggahannya sehingga Ye tidak bisa memonetisasi akun miliknya.

Terlepas dari keterbatasan itu, Ye belum mengunggah apa pun di X. Pantauan KompasTekno, unggahannya terakhir Kanye West di X diunggah pada 2 Desember 2022.

Akun Twitter Kanye West sendiri dibuat pada Juli tahun 2010 dengan handle @kanyewest dan sudah memiliki 31,6 juta pengikut. Adapun jumlah twitnya sudah mencapai 1.943 cuitan.

Baca juga: Kanye West Akuisisi Parler, Medsos Para Pendukung Donald Trump

Akun Kanye West diblokir Elon Musk pada Desember 2022 karena konten hasutan untuk melakukan kekerasan. Kanye West juga pernah diblokir dari Twitter karena alasan yang sama.

Karena kesal diblokir lagi, Kanye West pernah sesumbar bakal membeli Parler, media sosial yang populer di kalangan politik konservatif Amerika Serikat (AS) dan dikenal lebih bebas.

Namun, rencana itu batal, sesuai kesepakatan kedua belah pihak, dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (1/8/2023).

Musk sendiri sejak merencanakan akuisisi, memang mengumbar bahwa dirinya ingin membuat Twitter menjadi platform yang mengedepankan kebebasan berbicara.

Oleh karena itu ia sudah mengungkapkan rencana untuk membuka lagi akun-akun publik figur termasuk Donald Trump dan Kanye West dari penangguhan.

Akun Trump dipulihkan, tapi malah ogah Twitter-an

November tahun lalu, Elon Musk memulihkan akun Twitter Donald Trump. Akun Trunp diblokir sejak awal tahun 2021 karena twitnya dinilai mengandung kekerasan dan ujaran kebencian terkait peristiwa kerusuhan di gedung DPR/MPR Amerika Serikat (AS) yang menelan korban jiwa.

Baca juga: 2 Tahun Diblokir, Akun Instagram dan Facebook Donald Trump Akan Dipulihkan

Trump sempat menggugat Twitter agar memulihkan akunnya, tetapi media sosial itu bergeming. Akhirnya, permintaan Trump terkabul setelah Twitter dikuasai Elon Musk.

Meski dipulihkan, Twitter Trump dengan handle @realdonaldtrump tak menunjukkan aktivitas apa pun hingga saat ini. Pantauan KompasTekno, unggahannya terakhirnya diunggah pada 8 Januari 2021, hari ketika akun Trump diblokir.

Usut punya usut, Trump ternyata tak ingin kembali ke Twitter, setidaknya hingga saat ini. Dalam sebuah pernyataan, politisi partai Republik itu mengatakan bahwa ingin tetap menggunakan platform media sosialnya yang diluncurkan pada Februari 2022 oleh Trump Media & Technology Group (TMTG).

Meski tidak berencana untuk kembali ke Twitter, Trump mengapresiasi langkah Musk membeli platform mikroblog tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com