Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Komunikasi Satelit iPhone 14 Bantu Padamkan Kebakaran Hutan

Kompas.com - 03/08/2023, 07:34 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fitur komunikasi satelit atau Emergency SOS yang ada di iPhone 14 series, turut berkontribusi dalam memadamkan kebakaran hutan yang terjadi di salah satu pulau di Kanada.

Menurut laporan dari media lokal, Soo Today, penduduk anggota Missanabie, komunitas yang tinggal di wilayah Ontario, Kanada, berusaha memadamkan kebakaran hutan yang cukup besar di sekitar danau Dog Lake.

Dikarenakan lokasi kebakaran merupakan wilayah yang tidak terjangkau sinyal, penduduk setempat kesulitan meminta bantuan dari pihak luar. Alhasil, dua orang penduduk setempat menggunakan fitur Emergency SOS di iPhone 14 untuk meminta bantuan darurat.

Kedua orang itu adalah Warren Thibodeau dan Orel Crack. Thibodeau berada di sekitar 7 kilometer dari lokasi kebakaran. Wilayah itu ditinggali oleh komuitas yang sangat kecil dan terletak di timur laut Kota Wawa, Kanada.

Dalam kondisi tidak terjangkau sinyal, kedua orang itu menghubungi pihak Kementerian Sumber Daya Alam dan Kehutanan untuk meminta bantuan.

Baca juga: Demi Beli iPhone 14, Pasangan di India Jual Bayi 8 Bulan

Melalui panggilan SOS Satelit yang tersedia di iPhone 14, keduanya juga dapat meminta pihak berwajib untuk kemudian datang ke lokasi kebakaran guna membantu mereka memadamkan kobaran api.

Setelah bala bantuan berhasil datang, dua orang penduduk bersama petugas pemadam kebakaran langsung naik perahu untuk memadamkan api, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Apple Insider, Rabu (2/8/2023).

Dalam sebuah video yang dibagikan, kebakaran ini tampak terjadi di sebuah pulau kecil di danau Dog Lake. Pulau tersebut kira-kira seluas 2.000 meter.

Kebakaran hutan terjadi di Dog Lake, Kanada Soo Today Kebakaran hutan terjadi di Dog Lake, Kanada

Dalam video tersebut tampak asap yang mengepul tebal di sisi kiri hutan. Menandakan api sudah mulai padam dan menyisakan beberapa asap bekas kebakaran.

Dokumentasi kasus kebakaran dan pemadaman api dibagikan oleh salah seorang bernama Eric Belanger.

“Kami bisa mendapatkan bantuan dari MNR (Ontario of Natural Resources/MNR) dengan fitur darurat GlobalStar (satelit komunikasi AS) baru dari iPhone 14 sehingga (membantu pemadam) datang ke pulau yang terbakar,” jelas Belanger.

Dari laporan kebakaran hutan yang terjadi, dipastikan tidak ada korban jiwa ataupun korban yang terluka.

Seperti yang diketahui, fitur Komunikasi Satelit Apple hanya tersedia eksklusif untuk perangkat iPhone 14 dan iPhone 14 Pro.

Baca juga: Fitur Darurat di iPhone 14 Bantu Selamatkan Pria Jatuh dari Tebing

Sudah ada beberapa kejadian yang membuktikan bahwa fitur ini bukan gimmick semata. Ada beberapa kejadian di mana fitur komunikasi satelit iPhone 14 ini membantu penggunanya menemukan jalan keluar saat tersesat, terjebak di es, bahkan saat terjadi kecelakaan.

Dengan fitur ini, pesan darurat dapat dikirim tanpa melalui sinyal operator seluler. Fitur ini memanfaatkan konektivitas satelit.

Cara menggunakannya, pengguna hanya perlu mengarahkan iPhone 14 ke arah satelit terdekat untuk mendapatkan sinyal. Jika sudah terkoneksi, pengguna akan diminta mendeskripsikan jenis bantuan yang dibutuhkan dengan pesan singkat.

Walau kecepatan transfer datanya lebih lambat dan mengandalkan kualitas koneksi satelit, fitur ini dinilai sangat membantu karena menawarkan opsi lain kepada pengguna di dalam situasi darurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com