Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Centang Biru Twitter Blue Kini Bisa Disembunyikan

Kompas.com - 03/08/2023, 12:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pengguna Twitter Blue atau kini disebut XBlue (Blue Subscription), kini bisa menyembunyikan centang biru atau tanda verifikasi di akun mereka.

Opsi itu bisa ditemukan pengguna di X (dulu Twitter) versi web maupun aplikasi mobile, khususnya pada menu "Profile costomization". Dari menu itu, pengguna akan mendapati opsi untuk menyembunyikan centang biru.

Menurut penjelasan perusahaan, tanda centang bakal hilang dari profil atau postingan pengguna. Kendati begitu, centang itu mungkin masih akan muncul di beberapa titik.

Sayangnya, X tidak merinci di mana saja centang biru bakal muncul meski sudah disembunyikan.

"Tanda centang mungkin masih muncul di beberapa tempat dan beberapa fitur masih menunjukkan bahwa Anda berlangganan aktif. Beberapa fitur mungkin tidak tersedia saat tanda centang Anda disembunyikan," demikian keterangan X melalui halaman dukungannya.

Baca juga: Pengguna Twitter Blue Kini Bisa Download Video Lebih Mudah

Perusahaan juga berkata pihaknya bakal terus mengembangkan opsi itu agar berjalan lebih baik bagi pengguna.

Otak-atik centang biru

Elon Musk tampaknya masih terus mengotak-atik centang biru. Sebelum dibeli, centang biru awalnya dipakai perusahaan sebagai sistem verifikasi guna menandai akun yang kredibel atau asli. Misalnya akun publik figur, tokoh penting dan lain sebagainya.

Namun, sejak Twitter dibeli oleh Elon Musk, semua pengguna diizinkan punya cetang biru, asalkan langganan Twitter Blue, alias Twitter versi berbayar.

Baca juga: Cara Beli Twitter Centang Biru dan Harganya

Selain centang biru, X Blue juga menawarkan benefit lainnya meliputi kemampuan edit postingan, twit panjang hingga 25.000 karakter, format teks, upload video panjang hingga gambar profil NFT.

Ubah logo Twitter jadi X

Perubahan mekanisme centang biru bukan satu-satunya kebijakan dari Elon Musk setelah menjadi penguasa Twitter. Belum lama ini Musk juga melanjutkan perubahan merek (rebranding) Twitter menjadi X dengan mengubah logo perusahaan.

Musk melakukan rebranding Twitter sejak 23 Juli 2023. Mulai dari mengganti logo hingga nama aplikasi menjadi X. Pergantian logo Twitter ini mulai muncul pada Minggu (23/7/2023) lalu.

Selain logo, Elon Musk juga membuat alamat situs X.com untuk mengarahkan (redirect) pengguna ke halaman muka twitter.com. Elon Musk juga mengganti akun resmi @Twitter menjadi @X. Akun terkait lainnya juga diubah, salah satunya @TwitterBlue yang kini menjadi @XBlue

Rebranding Twitter menjadi X ini tampaknya juga ditujukan untuk mendukung bisnis yang akan dikembangkan perusahaan.

Untuk diketahui, pada Oktober 2022, Musk sempat mengatakan, membeli Twitter adalah langkah untuk mempercepat pembuatan X. Nama perusahaan Twitter (Twitter Inc.) pun telah diganti oleh Elon Musk menjadi X Corp pada Oktober 2022.

Baca juga: Twitter Inc. Sudah Tak Ada Lagi, Diganti X Corp.

Penggantian nama perusahaan Twitter menjadi X Corp ini kemungkinan menjadi langkah awal Elon Musk untuk menggabungkan platform media sosial tersebut ke Supper App yang akan dikembangkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com