Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Milik Google Umbar Diskon agar Karyawan Mau WFO

Kompas.com - Diperbarui 08/08/2023, 06:08 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google memiliki cara baru untuk membujuk karyawannya bekerja di kantor (work from office/WFO).

Raksasa teknologi ini menawarkan diskon penginapan seharga 99 dollar AS (sekitar Rp 1,4 juta) per malam bagi karyawan di hotel milik Google di Mountain View, California.

Informasi ini terungkap dari sebuah iklan yang diterima oleh karyawan Google. Menurut iklan tersebut, diskon ini diharapkan bisa membantu karyawan untuk bertransisi dari sistem kerja di rumah (work from home/WFH) ke hybrid.

"Bayangkan, Anda tidak perlu melakukan perjalanan ke kantor di pagi hari. Dan sebagai gantinya, Anda bisa beristirahat lebih lama," bunyi iklan tersebut.

"Selanjutnya, Anda bisa keluar dari kamar dan segera mengambil sarapan yang lezat, atau berolahraga sebelum pekerjaan dimulai," lanjutnya.

Baca juga: Meta dan Google Blokir Berita di Kanada, Ini Dampaknya bagi Publik dan Media

Adapun Google mulai menerapkan WFH saat pandemi Covid-19 melanda. Begitu pandemi mereda, Google "memaksa" karyawan untuk kembali bekerja di kantor.

Iklan tersebut juga mengiming-imingi karyawan dengan suasana sore yang tenang di dek atap hotel, seusai bekerja. Karyawan juga bisa mengikuti aktivitas lokal yang diadakan hotel.

Promosi hotel ini tidak dihitung sebagai perjalanan bisnis yang disetujui. Dengan demikian, Google tidak akan mengganti biaya penginapan.

Karyawan juga harus menggunakan kartu kredit pribadi mereka jika ingin memanfaatkan diskon hotel tersebut.

Diskon penginapan hanya berlaku hingga 30 September mendatang. Setelah periode promosi berakhir, harga tersebut akan kembali normal, meski tidak diketahui angka pastinya.

Google memang kerap menawarkan diskon akomodasi seperti penginapan, bagi karyawannya.

"Kami kerap memberikan diskon akomodasi spesial untuk karyawan Google lokal atau yang bepergian, untuk memanfaatkan ruang dan akomodasi kami," ungkap juru bicara Google, Ryan Lamont kepada situs berita teknologi The Verge, Senin (7/8/2023).

"Kami mengiklankan promosi ini lewat e-mail yang secara reguler dikirimkan ke karyawan. E-mail ini juga berisi diskon untuk layanan dan pilihan hiburan lainnya," imbuh Lamont.

Sebagai informasi, hotel milik Google ini terletak di area kantor baru raksasa teknologi itu, yakni di Google Bay View. Kampus ini dibuka pada Mei tahun lalu, setelah proses pembangunan selama lima tahun. Letaknya bersebelahan dengan Pusat Penelitian Ames NASA.

Area kampus tersebut memiliki luas sekitar 42 hektar, dan mampu menampung sekitar 4.000 karyawan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com