Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Penyebab Akun TikTok Terkena Shadow Ban dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 11/08/2023, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Shadow banned merupakan tindakan platform TikTok dalam membatasi konten pengguna secara tidak langsung tanpa pemberitahuan jelas kepada pengguna.

Saat seseorang mengalami shadow ban, konten yang dibuat tentu tidak akan muncul di halaman For Your Page (FYP) followers-nya dan tidak terlihat pengguna lain dalam hasil pencarian atau fitur eksplorasi.

Masalah ini biasanya terjadi karena pengguna melanggar Panduan Komunitas TikTok sehingga akun pengguna terkena shadow banned dalam waktu  tertentu. Biasanya akun pengguna akan ditangguhkan selama satu hingga dua minggu.

Lantas apa penyebab akun TikTok terkena shadow banned dan bagaimana mengatasinya? Selengkapnya berikut ini ulasannya. 

Baca juga: Project S TikTok Ancam UMKM Lokal, Pengamat: Harus Kolaborasi

Penyebab akun TikTok terkena shadow ban

Akun TikTok yang terkena shadow banned biasanya karena pengguna telah berulang kali melanggar Panduan Komunitas TikTok. Berikut ini beberapa kemungkinan pelanggaran yang dilakukan:

Postingan mengandung konten dewasa 

TikTok melarang pengguna memosting konten terkait pornografi, atau aktivitas seksual lainnya. Jadi, jika Anda membagikan konten yang eksplisit secara seksual, Anda bisa terkena shadow banned di platform.

Dalam beberapa kasus, akun Anda mungkin diblokir secara permanen dari TikTok karena pelanggaran ini.

Mempromosikan tindakan dan tantangan berbahaya

TikTok sering sekali dijadikan sebagai platform untuk mengundang engagement. Untuk mencari keterlibatan tinggi dari pengguna lain, tak jarang beberapa pengguna melakukan challange menantang dan membahayakan.

Hal inilah yang bisa menjadi penyebab TikTok Anda terkena shadow banned karena dirasa menormalkan tindakan berbahaya yang mengakibatkan cedera hingga kematian.

Terlibat dalam intimidasi dan pelecehan

TikTok bertujuan untuk menciptakan komunitas inklusif yang mempromosikan ekspresi individu. Namun TikTok melarang pengguna membuat konten untuk mempermalukan pengguna lain, intimidasi, atau pelecehan.

Konten apa pun yang dianggap kasar, mengancam, atau melecehkan pengguna lain dapat membuat akun Anda berisiko terkena shadow banned.

Terlibat dalam perilaku kebencian

Sejalan dengan hal di atas, TikTok tidak menoleransi diskriminasi. Konten apa pun yang melibatkan perilaku kebencian, berisi ujaran kebencian, atau mempromosikan ideologi kebencian dapat dihapus dari platform.

Selain itu, jika Anda terlibat dalam beberapa pelanggaran ujaran kebencian, akun Anda bahkan mengalami pemblokiran.

Menampilkan kekerasan

TikTok melarang pengguna menggunakan platform untuk menghasut atau mengancam kekerasan. Demikian pula, konten apa pun yang mempromosikan organisasi, individu, atau tindakan ekstremis kekerasan dianggap sebagai pelanggaran Panduan Komunitas TikTok. Jadi jika konten Anda kebetulan melanggar ketentuan ini, Anda bisa terkena shadow banned.

Melanggar hak cipta

Salah satu penyebab paling umum dari shadow ban TikTok adalah pelanggaran hak cipta. Pelanggaran ini biasanya melibatkan postingan konten yang dibuat oleh orang lain atau melanggar hak cipta, merek dagang, hak kekayaan intelektual lainnya. Maka dari itu usahakan untuk tetap membuat karya secara orisinal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com