Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Cek Kuota Tri dengan Mudah dan Cepat, Bisa via Kode UMB atau Aplikasi

Kompas.com - 12/08/2023, 12:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara cek kuota Tri merupakan salah satu panduan dasar mengakses layanan yang penting diketahui pengguna atau pelanggan. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan mengenai cara cek kuota Tri.

Sebagai informasi, cara cek kuota Tri itu perlu diketahui supaya pengguna dapat mengantisipasi kehabisan kuota secara tiba-tiba. Seperti yang cukup umum diketahui, saat membeli paket data, pengguna bakal diberikan kuota internet Tri dengan jumlah tertentu.

Baca juga: 2 Cara Registrasi Kartu Tri lewat SMS dan Website

Besaran kuota internet Tri yang didapat pengguna bisa berbeda-beda sesuai dengan jenis paket data yang dibeli. Kuota internet Tri itu dapat berkurang seiring dengan intensitas pemakaian pengguna.

Semakin aktif mengakses internet dengan jaringan seluler maka semakin cepat pula pengguna kehabisan kuota. Bahkan, dalam kondisi tertentu, pengguna juga bisa kehabisan kuota internet lebih cepat sebelum masa aktifnya habis.

Untuk diketahui, selain kuota, setiap paket data Tri juga punya masa aktif yang berbeda, bisa harian, mingguan, dan bulanan. Kehabisan kuota internet dengan cepat secara tiba-tiba mungkin bakal merepotkan pengguna.

Saat kehabisan kuota internet Tri, pengguna jadi tak bisa mengakses internet lewat jaringan seluler. Untuk mengantisipasi kehabisan kuota secara tiba-tiba, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan cek kuota Tri secara berkala.

Cara cek kuota Tri

Lantas, bagaimana cara cek kuota Tri? Terdapat beberapa cara cek kuota Tri yang bisa dilakukan pengguna. Dikutip dari laman resmi Tri, setidaknya pelanggan bisa cek kuota Tri melalui tiga cara, yakni melalui kode UMB, aplikasi, dan layanan asisten virtual Tri.

Bila hendak mengetahui sisa kuota terkini, silakan simak penjelasan masing-masing cara cek kuota Tri tersebut di bawah ini.

1. Cek kuota Tri via kode UMB

Cara cek kuota Tri yang pertama adalah dengan menghubungi kode UMB di nomor *111#. Adapun penjelasan cara cek kuota Tri via kode UMB *111# adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi panggilan atau telepon di ponsel.
  • Kemudian, ketik kode UMB *111*4#.
  • Selanjutnya, tekan “Call/Panggil”.
  • Terakhir, pengguna bakal disajikan dengan informasi sisa kuota internet Tri terkini.

2. Cek kuota Tri via aplikasi Bima+

Kedua, pengguna bisa cek kuota Tri dengan mudah juga melalui aplikasi Bima+. Untuk diketahui, Bima+ merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai akses layanan Tri. Cara cek kuota Tri via Bima+ adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Bima+ terlebih dahulu melalui App Store (iPhone) atau Google Play Store (ponsel Android), seandainya belum memiliki.
  • Jika sudah punya, silakan buka aplikasi Bima+ di ponsel dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan nomor telepon Tri yang hendak dicek kuotanya.
  • Setelah berhasil masuk, pengguna bakal bisa langsung melihat informasi sisa kuota terkini dari paket data yang terdaftar di nomor telepon Tri terkait.
  • Informasi sisa kuota internet terkini tersaji langsung di halaman awal aplikasi Bima+.

Baca juga: Cara Unreg Kartu Tri yang Sudah Diregistrasi dengan Mudah dan Cepat via Website

Selain dua cara di atas, seperti yang telah disebutkan di atas, pengguna juga bisa cek kuota Tri melalui layanan asisten virtual Tri atau biasa disebut dengan Triva. Pengguna dapat mengakses kontak Triva di berbagai platform.

Untuk diketahui, Triva tersedia di platform Telegram, WhatsApp, dan website Tri. Penjelasan cara cek kuota Tri dengan mengakses layanan Triva di ketiga platform tersebut bisa dilihat lengkap di bawah ini.

3. Cek kuota Tri via Telegram

Untuk cek kuota Tri, pengguna bisa menghubungi layanan Triva yang terdapat di Telegram, dengan cara sebagai berikut:

  • Buka tautan kontak Triva di Telegram ini https://t.me/TriIndonesiaCare_bot.
  • Klik opsi “Send Message” untuk mulai chat dengan Triva di Telegram.
  • Setelah ruang obrolan terbuka, silakan kirim chat dengan kata kunci “Cek Kuota”.
  • Masukkan nomor telepon Tri yang ingin dicek kuotanya.
  • Ikuti instruksi selanjutnya dan tunggu hingga Triva menyajikan informasi kuota internet terkini dari paket data yang terdaftar di nomor telepon tersebut.

4. Cek kuota Tri via WhatsApp

Cara cek kuota Tri dapat dilakukan dengan menghubungi layanan Triva di WhatsApp. Adapun penjelasan cara cek kuota Tri via WhatsApp dengan menghubungi layanan Triva adalah sebagai berikut:

  • Simpan dan hubungi kontak Triva di WhatsApp dengan nomor “08999800123” (tanpa tanda kutip).
  • Chat Triva dengan nomor tersebut di WhatsApp dengan kata kunci “Cek Kuota”.
  • Masukkan nomor telepon Tri yang hendak dicek kuota internetnya.
  • Ikuti instruksi selanjutnya dan tunggu hingga Triva menyajikan informasi kuota internet terkini dari paket data yang terdaftar di nomor telepon tersebut.

5. Cek kuota Tri via website Tri

Kelima, pengguna bisa cek kuota Tri dengan menghubungi layanan Triva yang tersedia di website Tri. Adapun penjelasan cara cek kuota Tri via website Tri dengan menghubungi layanan Triva adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website Tri ini https://online.tri.co.id/.
  • Selanjutnya, klik ikon Triva yang terdapat pada pojok kanan bawah halaman website Tri.
  • Kemudian, kolom chat dengan Triva bakal terbuka.
  • Pada kolom tersebut, ketik kata kunci “Cek Kuota”.
  • Setelah itu, masukkan nomor telepon Tri yang hendak dicek kuota internetnya.
  • Ikuti instruksi selanjutnya dan tunggu hingga Triva menyajikan informasi kuota internet terkini dari paket data yang terdaftar di nomor telepon tersebut.

Dari penjelasan di atas, berarti terdapat total lima cara cek kuota Tri. Pengguna bisa memilih salah satu dari kelima cara di atas sesuai keinginan untuk cek kuota Tri terkini pada paket data yang terdaftar di nomor telepon Tri.

Baca juga: 3 Cara Beli Paket Internet Tri via Aplikasi Bima+, Kode UMB, dan Tokopedia

Cukup mudah bukan cara cek kuota Tri? Dengan cara di atas, pengguna dapat memantau pemakaian kuota internet Tri secara berkala. Sehingga, pengguna bisa mengantisipasi kehabisan kuota secara tiba-tiba.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara cek kuota Tri dengan mudah, baik melalui kode UMB, aplikasi Bima+, maupun layanan Triva, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com