Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran iPhone SE 4, Layar Mirip iPhone X dan Hanya Punya Satu Kamera Belakang

Kompas.com - 15/08/2023, 13:31 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Apple disinyalir sedang menyiapkan iPhone versi murah terbaru yang biasa disebut iPhone Special Edition (SE). Perangkat tersebut diyakini bakal dinamai iPhone SE 4, karena menjadi penerus dari iPhone SE 3 yang rilis Maret 2022.

Menurut bocoran terbaru yang dibagikan oleh pembocor gadget Unknownz21 di Twitter, bentuk iPhone SE 4 dirancang seperti iPhone 14. Pernyataan ini sejalan dengan yang pernah diungkapkan analis ternama Ming-Chi Kuo pada awal tahun ini.

Saat itu, Kuo berkata bahwa iPhone SE 4 bakal tampil dengan layar 6,1 inci dan menjadi iPhone pertama yang memakai chip modem 5G bikinan Apple sendiri.

Selain aspek desain, Unknownz21 juga berkata bahwa iPhone SE 4 tidak akan mengusung fitur Touch ID, melainkan Face ID seperti di iPhone X.

Awalnya fitur Face ID terbilang mahal karena aneka komponen pendukung yang digunakan. Namun seiring waktu menjadi lebih terjangkau, sehingga bisa diterapkan di iPhone SE.

Bocoran lainnya yaitu bahwa iPhone SE 4 bakal hadir dengan USB-C baik untuk mengisi ulang baterai maupun transfer data. Bila ini akurat, maka iPhone SE 4 bakal menjadi iPhone SE pertama yang mengusung USB-C.

Baca juga: Harga iPhone SE 2 Bekas dan Spesifikasinya, Kini Cuma Rp 4 Jutaan

Seperti pendahulunya, iPhone SE 4 konon masih akan dilengkapi kamera belakang tunggal, meskipun desainnya dibuat menyerupai iPhone 14.

Menariknya iPhone SE 4 disebut bakal dibekali fitur Action Button sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Macrumors, Selasa (15/8/2023). Fitur ini kabarnya juga bakal melengkapi iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Action Button merupakan tombol yang bisa diprogram oleh pengguna, misalnya untuk mengaktifkan kamera, memulai stopwatch, dan lain sebagainya.

iPhone SE 4 ini konon bakal rilis pada 2025. Kendati demikian, informasi ini masih sebatas rumor, sehingga kepastiannya baru akan diketahui saat Apple meluncurkan iPhone SE 4 secara resmi.

Peluncuran iPhone SE 4 molor

iPhone SE 4 awalnya diduga bakal rilis tahun 2024 atau dua tahun setelah iPhone SE 3. Namun menurut bocoran dari firma riset Barclays, iPhone SE 4 akan diluncurkan sekitar 2025, satu tahun lebih lambat dari perkiraan.

Baca juga: Pengguna iPhone 14 Pro Keluhkan Battery Health Cepat Drop

Adapun penundaan peluncuran iPhone SE 4 ini konon disebabkan oleh chip modem buatan Apple yang disebut belum siap menenagai perangkat tersebut. Selain itu, chip modem itu juga dikabarkan baru bisa diproduksi massal pada 2025 mendatang.

iPhone SE 4 kabarnya merupakan iPhone pertama yang dibekali dengan chip modem 5G buatan Apple sendiri. Sebelumnya, Apple selalu mengandalkan Qualcomm untuk menghadirkan dukungan 5G di ponsel-ponsel buatannya.

Nah, chip modem 5G buatan Apple ini konon baru diproduksi pada 2025 mendatang, sehingga waktu peluncuran iPhone SE 4 akan disesuaikan dengan kehadiran chip modem tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com