Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netflix Hadirkan Layanan "Streaming" Game di TV dan Web

Kompas.com - 15/08/2023, 16:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Netflix

KOMPAS.com - Netflix pada November 2021 lalu, mulai menghadirkan layanan game di aplikasi Android dan iOS. Kini, Netflix meningkatkan layanan gamingnya dengan menghadirkan streaming game (cloud gaming) melalui TV dan PC (via Netflix versi Web).

Layanan streaming game atau cloud gaming ini masih dalam tahap uji coba untuk sebagian pengguna. Dengan layanan cloud gaming ini, game tak perlu di-download lebih dulu agar bisa dimainkan, cukup dijalankan melalui cloud dengan cara streaming.

VP Games Netflix, Mike Verdu dalam sebuah pengumuman yang diunggah di blog resmi Netflix mengatakan layanan streaming game di TV dan PC ini baru akan disebar secara terbatas kepada beberapa pengguna di dua negara saja. 

"Mulai hari ini, kami menghadirkan uji coba terbatas untuk layanan streaming game di TV dan PC Windows atau Mac (via Netflix.com) kepada sejumlah pengguna di wilayah Kanada dan Inggris," tulis Verdu. 

Baca juga: Pupus, Ambisi Google Membesarkan Cloud Gaming Stadia

Verdu melanjutkan bahwa sejumlah pengguna di kedua negara tersebut saat ini hanya bisa menjajal dua game via layanan cloud gaming. Kedua game tersebut adalah Oxenfree buatan Night School Studio, serta Molehew's Mining Adventure buatan Netflix Game Studio.

Nah, untuk mengendalikan game Netflix ini di TV, pengguna bisa menggunakan ponsel masing-masing sebagai controller.

Ilustrasi smartphone pengguna yang bisa disulap sebagai controller untuk memainkan game Netflix di TV,Netflix Ilustrasi smartphone pengguna yang bisa disulap sebagai controller untuk memainkan game Netflix di TV,

Nantinya, aplikasi Netflix akan menyediakan menu controller yang akan menampilkan beberapa tombol virtual macam "tuas" analog, tombol aksi, dan lain sebagainya untuk mengendalikan jalannya game di TV.

Baca juga: Apa Itu Google Stadia, Layanan Streaming Game yang Tak Butuh Konsol?

Sementara itu untuk perangkat PC, pengguna bisa mengendalikan jalannya game melalui periferal mouse dan keyboard.

Meski sudah bisa memainkan game di TV, Verdu menyebut bahwa hanya beberapa merek dan model TV saja yang bisa menjalankan layanan streaming game atau cloud gaming dari Netflix. 

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Netflix.com, Selasa (15/8/2023), beberapa TV yang mendukung uji coba ini mencakup:

  • Amazon Fire TV
  • Google TV (Chromecast)
  • LG TV
  • Nvidia Shield TV
  • perangkat dan TV Roku
  • Samsung Smart TV
  • Walmart ONN

Netflix menyebut dukungan perangkat TV merek lainnya akan ditambahkan seiring berjalannya waktu.

Sementara itu untuk game, Netflix tidak menyebutkan apakah game-game mereka lainnya, selain dua game Oxenfree dan Molehew's Mining Adventure tadi, akan turut diikutsertakan dalam tahap uji coba cloud gaming ini atau tidak. 

Namun yang jelas, langkah uji coba layanan streaming game yang dilakukan Netflix ini bisa menjadi pertanda bahwa perusahaan streaming video tersebut tengah bersiap untuk berkompetisi di pasar cloud gaming.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com