Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tesla Bisa Dioperasikan Pakai iPhone

Kompas.com - 23/08/2023, 08:03 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tesla baru-baru ini memperbarui aplikasinya yang tersedia di iOS menjadi versi 4.24.0. Dalam pembaruan tersebut, Tesla mengizinkan pengguna iPhone untuk mengoperasikan mobil listriknya melalui asisten digital Siri.

Dalam update ini, Tesla mengintegrasikan sistemnya dengan Apple Shortcuts alias fitur pintasan yang ada di iPhone. Nah, pintasan itulah yang bisa dijalankan melalui aplikasi Shortcuts atau asisten suara Apple Siri.

Kehadiran fitur ini dibagikan oleh situs Not a Tesla App. Situs ini menyebutkan bahwa pengguna perangkat iOS bisa membuat beberapa perintah yang umum melalui Siri.

Ada total 20 lebih perintah yang bisa dilakukan pengguna iPhone di kendaraan Tesla. Beberapa di antaranya yaitu mengatur batas pengisian baterai, membuka bagasi, menutup jendela, hingga menyalakan AC mobil Tesla.

Semua tindakan atau perintah itu akan tersedia secara otomatis di aplikasi Shortcut, dengan syarat pengguna sudah memperbarui aplikasi Tesla ke versi terbaru. Pengguna juga bisa mengatur setiap tindakan secara manual bila diperlukan penyesuaian.

Baca juga: Selamat Tinggal Hey Siri, Ini Cara Baru Panggil Asisten Virtual Apple

Pintasan perintah pengoperasian mobil Tesla di Apple ShortcutsKompas.com/Lely Maulida Pintasan perintah pengoperasian mobil Tesla di Apple Shortcuts
Shortcut di iPhone juga mendapat dukungan otomatisasi. Pengguna bisa menyetel beberapa pengaturan yang bisa dijadwalkan di mobil Tesla. Misalnya menjadwalkan agar mobil dipanaskan sebelum pengguna berangkat.

Integrasi aplikasi Tesla dengan Apple Shortcuts ini akan mempermudah pengguna yang sibuk, sehingga tetap bisa mengoperasikan mobil listriknya dari jauh.

Ketimbang melakukannya secara manual, pengguna hanya perlu memberikan perintah suara lewat asisten Siri di iPhone.

Untuk mengoperasikan mobil Tesla dari iPhone, pengguna bisa membuka aplikasi Shortcuts atau menjangkaunya lewat Siri. Contohnya dengan memberikan perintah "Hai Siri, nyalakan AC" dan lain sebagainya.

Baca juga: Bug iOS 15 Bikin iPhone Rekam Percakapan Pengguna dengan Siri

Selain melalui Siri, pengguna iPhone juga bisa menjangkau aneka pintasan itu melalui aplikasi Shortcuts maupun widget.

Sejauh ini pembaruan Tesla hanya tersedia untuk iOS. Dengan kata lain, dukungan yang sama belum tersedia untuk Android. Jadi, pengguna Android belum bisa memakai Alexa atau Google Assistant untuk mengoperasikan mobil Tesla, dihimpun KompasTekno dari Engadget, Rabu (23/8/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com