Bug iOS 15 Bikin iPhone Rekam Percakapan Pengguna dengan Siri

Kompas.com - 15/02/2022, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Setelah merilis pembaruan (update) iOS 15.3 versi stabil, Apple turut merilis iOS 15.4 versi beta publik untuk iPhone pada akhir Januari lalu.

Namun, pembaruan kedua untuk iOS 15.4 versi beta ini justru memiliki masalah privasi.

Pasalnya, dalam iOS 15.4 beta 2 ini terdapat bug yang membuat iPhone merekam percakapan antara pengguna dan Siri, meski sudah dimatikan.

Menurut laporan media teknologi ZDNet, bug ini sebenarnya sudah muncul sejak pertama kali update iOS 15.

Bug tersebut membuat perangkat akan secara otomatis mengaktifkan menu pengaturan "Improve Siri and Dictation".

Baca juga: Snapchat Beli Perusahaan Layanan Asisten Suara Rp 993 Miliar

Pengaturan tersebut sebenarnya berfungsi agar Apple bisa merekam, menyimpan, dan meninjau interaksi pengguna dengan Siri guna meningkatkan kemampuan Siri dan perintah suara. 

Masalahnya, pengaturan tersebut tetap aktif, meski pengguna sudah menonaktifkannya. Alhasil, interaksi pengguna dengan Siri tetap direkam.

Tanggapan Apple

Ilustrasi sistem operasi iOS 15.2.9to5mac Ilustrasi sistem operasi iOS 15.2.
Sebagai pengembang iOS, Apple membenarkan adanya bug yang membuat interaksi pengguna dengan Siri direkam. 

Terkait bug ini, Apple mengaku sudah mengetahui dan mengatasi masalah tersebut melalui update iOS terbaru.

"Bug ini secara tidak sengaja mengaktifkan pengaturan untuk sebagian kecil perangkat. Sejak mengidentifikasi bug, kami berhenti meninjau dan menghapus audio rekaman yang diterima dari semua perangkat yang terdampak bug ini," kata Apple.

Baca juga: Samsung Setop S Voice, Layanan Asisten Pesaing Apple Siri

Saat ini, perusahaan rintisan Steve Jobs ini mengaku tengah memperbaiki bug tersebut dan mematikan pengaturan "Improve Siri and Dictation" lewat update iOS.

“Sementara kami memperbaiki bug yang muncul mulai iOS 15 ini, kami mematikan pengaturan tersebut untuk pengguna Siri melalui update pada iOS 15.2," kata Apple sebagaimana dikutip KompasTekno dari Gizmo China, Selasa (15/2/2022).

Untuk itu, ada baiknya pengguna iPhone melakukan update iOS ke versi terbaru melalui menu "Settings" > "General" > "Software Update" di perangkat iPhone penggguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.