Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal Aplikasi Facebook Messenger Lite

Kompas.com - Diperbarui 27/08/2023, 06:58 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan Facebook untuk smartphone dengan spesifikasi rendah, Messenger Lite, disuntik mati. Aplikasi pesan instan ini juga cukup populer di Indonesia.

Juru bicara Meta mengatakan bahwa aplikasi Messenger Lite untuk Android sudah tidak bisa diunduh sejak 21 Agustus lalu dan akan ditutup sepenuhnya pada September mendatang.

Pengguna Messenger Lite yang membuka aplikasi, akan mendapati tulisan "use Messenger to keep chatting". Artinya, pengguna Messenger Lite diminta agar beralih menggunakan aplikasi Messenger versi reguler.

Meski demikian, aplikasi tersebut masih bisa digunakan.

“Mulai 21 Agustus, pengguna yang mengakses aplikasi Messenger Lite di Android akan diarahkan ke Messenger atau Facebook Lite untuk mengirim dan menerima pesan di Messenger,” ujar juru bicara Meta, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (25/8/2023).

Aplikasi Messenger Lite untuk Android juga sudah tidak bisa ditemukan di Google Play Store. Menurut Meta, setelah 18 September, pengguna Messenger Lite yang masih aktif juga tidak akan bisa mengakses aplikasi tersebut.

Meta juga sudah menutup aplikasi Messenger Lite di iOS (pengguna iPhone) sejak 2020 lalu. Alternatif yang mungkin dapat dilakukan adalah mengakses Messenger Lite menggunakan Facebook Lite. Di aplikasi tersebut, pengguna setidaknya masih dapat mengakses pesan mereka.

Baca juga: Facebook Messenger Setop Dukungan SMS mulai Bulan Depan

Sebagai informasi, aplikasi Messenger Lite pertama kali dirilis pada 2016 lalu. Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan Messenger versi biasa. Hanya saja, fitur-fitur yang “memberatkan” dihilangkan dari aplikasi.

Menurut perusahaan analisis data.ai, secara keseluruhan, aplikasi Messenger Lite sudah diunduh sekitar 760 juta kali secara global.

India memiliki pangsa pasar terbesar, diikuti oleh Brasil dan Indonesia. Amerika Serikat berada di peringkat delapan berdasarkan jumlah unduhan.

Penutupan Messenger Lite disadari pengguna Reddit

Penutupan layanan ini pertama kali disadari oleh salah seorang pengguna forum online, Reddit. Menurut unggahannya, Messeger Lite sudah tidak lagi tersedia di toko aplikasi resmi Google Play Store.

“Aplikasi ini (Messenger Lite) sudah tidak lagi tersedia di Play Store. Sistem hanya memunculkan pesan bahwa sebaiknya menggunakan aplikasi Facebook Lite,” ujar salah seorang pengguna dengan handle @andree182.

Pantauan KompasTekno, aplikasi Messenger Lite memang sudah tidak muncul ketika dicari di kolom pencarian (Search). Pengguna direkomendasikan untuk mengunduh (download) aplikasi Messenger versi non-lite atau Facebook Lite.

Baca juga: Harga Centang Biru Instagram dan Facebook di Indonesia serta Syaratnya

Messenger Lite juga menggunakan pendekatan minimalis dan juga ringan. Kata “ringan” di atas mengindikasikan bahwa aplikasi memiliki ukuran yang kecil, fungsionalitas dan fitur yang ditawarkan juga sederhana.

Jika membandingkan ukuran file aplikasi, aplikasi Messenger Lite hanya berukuran di bawah 10 MB. Sementara itu, aplikasi Messenger “reguler” ukurannya bisa mencapai 40 MB. Selain itu, Messenger Lite juga dinilai cocok digunakan di negara dengan koneksi internet yang lambat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com