Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “Toxic”, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Medsos

Kompas.com - 26/08/2023, 10:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak sekali bahasa gaul yang sering dipakai pengguna di media sosial (medsos), salah satunya seperti kata “toxic”. Sebagian dari Anda pun mungkin telah sempat melihat kata tersebut berseliweran di linimasa medsos seperti TikTok atau Twitter.

Baca juga: Arti Kata “Clingy”, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Medsos

Kata toxic sebagai bahasa gaul di medsos kerap dipakai oleh pengguna dengan konteks untuk membicarakan seseorang atau hubungan sosial (bisa hubungan percintaan atau hubungan keluarga).

Misalnya, pemakaian kata toxic dengan konteks untuk membicarakan seseorang itu bisa dilihat lewat salah satu twit dari akun dengan handle @TiTikNur0705 di media sosial X (dulu Twitter).

Pada twit yang diunggah pada Senin (21/8/2023), akun @TiTikNur0705 mengatakan, manusia yang toxic itu perlu dijauhi untuk menjaga kesehatan mental.

Di medsos, kata toxic punya beberapa variasi. Pengguna biasanya juga memakai kata toxic dengan variasi kata seperti “toxic people”, “toxic circle”, “teman toxic”, “orang toxic”, “manusia toxic”, dan lain sebagainya.

Lantaran kata ini sering dipakai di medsos, lantas sebenarnya apa arti dari kata toxic dalam bahasa gaul? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan arti toxic dalam bahasa gaul di bawah ini.

Baca juga: Arti Kata My Shampoo and Conditioner Ran Out at the Same Time yang Viral di Medsos

Arti toxic dalam bahasa gaul

Untuk diketahui, kata toxic bukanlah termasuk kosakata dalam bahasa Indonesia, melainkan bahasa Inggris. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, arti toxic secara harfiah adalah racun atau sesuatu hal yang mengandung racun (beracun).

Dalam arti secara harfiah yang lain, kata toxic juga bisa dimaknai sebagai sesuatu hal yang sangat jahat dan berbahaya. Arti harfiah ini mungkin kurang pas atau kurang relevan jika disandingkan dengan kebiasaan pemakaian kata toxic di medsos.

Selain arti secara harfiah, kata toxic pada dasarnya punya arti yang khas dalam bahasa gaul. Dikutip dari kamus bahasa gaul Urban Dictionary, terdapat beberapa arti kata toxic. Secara umum, dalam bahasa gaul, toxic artinya sifat yang tidak baik dari seseorang atau hubungan.

Kata toxic artinya bisa seseorang yang sangat negatif atau tidak baik. Beberapa indikasi orang tersebut dikatakan sebagai toxic adalah suka melakukan hal yang tidak baik, membual, dan suka menyebarkan kebencian.

Kemudian, arti toxic juga bisa merujuk pada hubungan pertemanan atau percintaan yang tidak sehat. Dengan arti toxic ini, tak heran bila banyak pengguna yang memakai kata tersebut dengan konteks membicarakan seseorang atau hubungan.

Baca juga: Arti Kata “The Moon is Beautiful isn’t It” yang Tengah Ramai di Twitter

Jika menjumpai pengguna memakai kata toxic di medsos, itu berarti mereka ingin menunjukkan bahwa terdapat seseorang atau hubungan sosial yang tidak baik. Demikianlah penjelasan arti toxic yang sering dipakai sebagai bahasa gaul di medsos, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com