Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO]-Ponsel Murah yang Bikin Oppo Rajai Pasar Smartphone Indonesia | Facebook Messenger Lite Resmi Pensiun

Kompas.com - 28/08/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Oppo merajai pasar ponsel di Indonesia untuk kuartal II-2023. Setidaknya begitu menurut laporan terbaru dari firma riset Counterpoint Research.

Keberhasilan ini diraih berkat larisnya salah satu seri ponsel murah Oppo, yakni Oppo A17 series. Kabar ini menjadi berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Selain itu, ada kabar lain soal Gmail yang kini punya fitur baru. Fitur ini memungkinkan pengguna Gmail untuk meminimalisir peretasan di e-mail mereka.

Berita terpopuler lainnya adalah soal Facebook Messenger Lite. Aplikasi pesan instan khusus untuk perangkat spesifikasi ringan ini resmi disuntik mati oleh Meta, induk perusahaan Facebook.

Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi terpopuler KompasTekno.

Oppo A17 series bikin Oppo rajai pasar ponsel di Indonesia

Oppo A17.oppo.com Oppo A17.

Berdasarkan laporan Counterpoint Research, Oppo menguasai pasar ponsel Indonesia pada kuartal II-2023. Pada periode tersebut, Oppo meraup pangsa pasar sebesar 21 persen.

Perolehan ini diraih berkat larisnya salah satu seri ponsel murah Oppo, yakni Oppo A17 series.
Ada dua model dari seri ini, yakni Oppo A17 (meluncur Oktober 2022) dan Oppo A17k (meluncur November 2022).

Namun, tidak dirinci lebih lanjut model mana yang lebih banyak mendongkrak penjualan HP Oppo di Indonesia. Simak laporan selengkapnya di artikel "Oppo Rajai Pasar Indonesia berkat Larisnya Ponsel Murah Ini".

Gmail punya fitur untuk cegah e-mail diretas

Pengguna akan menerima prompt di atas ketika sistem mendeteksi adanya aktivitas sensitif yang dilakukan di Pengaturan GmailBlog Google Pengguna akan menerima prompt di atas ketika sistem mendeteksi adanya aktivitas sensitif yang dilakukan di Pengaturan Gmail

Google menambah lapisan keamanan untuk layanan e-mail miliknya, Gmail. Fitur baru ini akan memperkuat keamanan yang sudah ada, yakni password dengan kombinasi angka, huruf, dan simbol yang unik, aktivasi autentikasi dua faktor, dan kata kunci.

Nah, pembaruan kali ini adalah verifikasi ulang terhadap beberapa aktivitas yang dianggap sensitif oleh Gmail, khususnya saat melakukan perubahan di Pengaturan Gmail (Gmail’s Setting).

Tiga hal yang disorot mencakup Filter, Forwarding, dan Akses IMAP. Gmail akan meminta verifikasi pengguna ketika melakukan perubahan terhadap sejumlah pengaturan di atas. Selengkapnya, bisa disimak di artikel "Gmail Punya Fitur Baru Cegah E-mail Diretas".

2 Cara mematikan data hanya untuk WhatsApp

Pengguna kiranya perlu mengetahui cara mematikan data hanya untuk WhatsApp. Sebab, cara ini bakal dibutuhkan pengguna ketika hendak beristirahat sejenak dan ingin mematikan WhatsApp sementara.

Sebagaimana cukup umum diketahui, WhatsApp dapat dipakai untuk mengirim dan menerima pesan apabila terhubung dengan jaringan internet. Dengan demikian, mematikan akses data internet untuk WhatsApp dapat membuatnya nonaktif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com