Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “Kiyowo”, Bahasa Gaul yang Kerap Digunakan di Media Sosial

Kompas.com - Diperbarui 28/08/2023, 09:44 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bahasa gaul di medsos (media sosial) tak terhitung lagi jumlahnya. Dari sekian banyak bahasa gaul di medsos, ada salah satu bahasa gaul yang kerap dipakai pengguna, yaitu kata “kiyowo”.

Sebagian dari Anda pun mungkin sudah sempat melihat kata tersebut dipakai banyak pengguna di beberapa medsos seperti X (dulu Twitter) atau TikTok. Meski sudah kerap dipakai, tahukah sebenarnya apa arti kiyowo?

Baca juga: Arti Istilah “Frugal Living”, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Medsos

Bila penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut, berikut KompasTekno rangkumkan arti kiyowo sebagai bahasa gaul yang kerap dipakai di medsos.

Arti kiyowo yang sering dipakai di medsos

Sebagai informasi, kata kiyowo di medsos seringkali dipakai oleh pengguna yang merupakan penggemar budaya populer korea selatan (fan Kpop). Kata ini biasa digunakan untuk mengomentari artis Kpop yang digemari.

Selain itu, kata kiyowo juga bisa dipakai untuk mengomentari pernak-pernik, aksesori, atau beberapa hal lain yang berkaitan dengan artis Kpop tersebut. Penggunaan kata kiyowo dengan konteks seperti itu bisa dijumpai dengan mudah di medsos.

Misalnya, terdapat salah satu twit dari akun dengan handle @iyaakunpertama di medsos X yang menggunakan kata kiyowo dengan konteks untuk mengomentari hal yang berkaitan dengan artis Kpop.

Dalam twit yang diunggah pada Sabtu (12/8/2023), akun @iyaakunpertama mengatakan, aksesoris berupa case ponsel yang bertemakan salah satu boyband Kpop itu kiyowo, meski dirinya tidak begitu menggemari boyband tersebut.

Selain contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi penggunaan kata kiyowo dengan konteks pembicaraan yang berkaitan dengan Kpop.

Baca juga: Arti Kata Tsunami Fakta, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Medsos

Kata kiyowo yang kerap dipakai dengan konteks seperti itu sejatinya tak lepas dari asal usulnya. Perlu diketahui, kata kiyowo pada dasarnya termasuk dalam kosakata bahasa Korea Selatan.

Akan tetapi, dalam bahasa Korea Selatan, ejaan kata kiyowo yang benar adalah “gwiyeowo”. Kata “gwiyeowo” menjadi kiyowo kemungkinan besar bersumber dari pelafalannya. Jika kata “gwiyeowo” dilafalkan maka bunyinya cukup mirip dengan “kiyowo”.

Dalam bahasa Korea Selatan, arti kiyowo (gwiyeowo) bila diterjemahkan adalah imut, lucu, atau menggemaskan. Kata ini bisa dipakai untuk menyebut sesuatu hal (bisa seseorang atau benda) yang imut atau lucu.

Dikutip dari laman 90 Day Korean, kata kiyowo atau gwiyeowo diklasifikasikan sebagai bahasa informal alias bahasa gaul. Kata gwiyeowo umum dipakai untuk mengekspresikan sesuatu hal yang imut pada orang-orang terdekat.

Kata gwiyeowo punya versi lain, yaitu “gwiyeopseumnida” dan “gwiyeowoyo”. Kedua versi itu punya arti yang sama dengan kata gwiyeowo, yaitu imut atau menggemaskan. Meski artinya sama, kedua versi kata tersebut punya peruntukkan yang berbeda.

Kata gwiyeopseumnida dipakai untuk situasi formal, seperti saat presentasi, wawancara, atau memberikan pengumuman resmi yang berkaitan dengan sesuatu hal yang menggemaskan.

Sementara itu, kata gwiyeowoyo termasuk dalam bahasa standar Korea Selatan yang dipakai untuk mengungkapkan sesuatu hal yang menggemaskan pada orang yang lebih tua atau orang yang tidak terlalu dekat.

Baca juga: Arti Istilah “Why We Can’t Go to War Together” yang Ramai di Media Sosial

Itulah penjelasan mengenai arti kiyowo yang sering dipakai di medsos. Jika menjumpai pengguna yang memakai kata kiyowo di medsos, itu berarti mereka sedang ingin menyebut sesuatu hal yang lucu, imut, atau menggemaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com