Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata Avkor, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Medsos

Kompas.com - 29/08/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Kata Avkor bisa dibilang merupakan salah satu bahasa gaul yang sering dipakai pengguna di media sosial (medsos). Sebagian dari Anda pun mungkin sudah sempat melihat kata tersebut muncul di linimasa medsos.

Meski pernah melihatnya, tahukah sebenarnya apa arti dari kata Avkor? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut KompasTekno rangkumkan arti Avkor sebagai bahasa gaul yang sering dipakai di medsos.

Baca juga: Arti Kata “Kiyowo”, Bahasa Gaul yang Kerap Digunakan di Media Sosial

Arti Avkor sebagai bahasa gaul di medsos

Di medsos seperti X (dulu Twitter), kata avkor kerap dipakai dengan konteks pembicaraan untuk menyebut seseorang atau sekelompok orang tertentu. Ada banyak sekali penggunaan kata avkor dengan konteks seperti itu.

Salah satu contohnya, misal, penggunaan kata avkor dengan konteks untuk menyebut seseorang atau sekelompok orang tertentu bisa dilihat melalui salah satu twit dari akun dengan handle @strwbrryoughrt_.

Dalam twit yang diunggah pada Selasa (22/8/2023), akun tersebut mengatakan, dia telah memblokir salah satu akun yang membenci Avkor.

Contoh lain penggunaan kata avkor dengan konteks seperti itu juga bisa dilihat lewat salah satu twit dari akun dengan handle @kolabseru yang diunggah pada Selasa (22/8/2023).

Di twit tersebut, akun @kolabseru mengatakan, memakai akun kedua (second account) Avkor adalah jalan untuk mengatasi stres akibat pekerjaan.

Baca juga: Arti Istilah “Why We Can’t Go to War Together” yang Ramai di Media Sosial

Selain contoh-contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi penggunaan kata Avkor dengan konteks pembicaraan untuk menyebut seseorang atau sekelompok orang tertentu. Lalu, apa artinya?

Bila ditelusuri di medsos X, arti Avkor adalah akronim dari istilah Ava Korea atau Avatar Korea. Dari singkatan tersebut, Avkor artinya merujuk pada seseorang atau sekelompok orang yang memakai avatar atau foto profil artis Korea Selatan di medsos.

Orang atau sekelompok orang yang disebut dengan Avkor biasanya memiliki ketertarikan atau kegemaran dengan budaya populer Korea Selatan alias Kpop. Mereka menjadikan artis kesukaannya sebagai foto profil di medsos.

Dengan arti kata yang seperti itu, tak heran bila kata Avkor sering dipakai untuk menyebut seseorang atau sekelompok orang, yang mana secara khusus mereka memakai foto profil salah satu artis Kpop kegemarannya.

Jadi, bila terdapat pengguna yang memakai kata Avkor di medsos, itu berarti mereka sedang ingin menyebut seseorang atau sekelompok orang penggemar Kpop yang memakai foto profil salah satu artis Kpop.

Baca juga: Arti Kata Provider yang Lagi Ramai di Medsos, Bukan Penyedia Layanan Internet

Demikianlah penjelasan mengenai arti Avkor sebagai bahasa gaul yang sering dipakai di medsos, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com