Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pengguna Twitter Turun Setelah Ganti Nama Jadi X

Kompas.com - 31/08/2023, 13:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter melakukan penggantian nama (rebrand) menjadi X pada awal Agustus ini. Sejak itu, Twitter mengalami penurunan jumlah pengguna mingguan dan jumlah unduhan aplikasi.

Menurut laporan firma riset Sensor Tower, jumlah pengguna mingguan Twitter turun 4 persen pada periode 6 Agustus - 20 Agustus, tepat setelah rebranding dilakukan.

Popularitas aplikasi Twitter juga turun empat tingkat, menjadi peringkat 36. Hal ini disebabkan karena jumlah instalasinya menurun sebesar 8 persen secara keseluruhan.

Sensor Tower merinci, penurunan tersebut terjadi di iOS dan Android, masing-masing turun 22 persen dan 18 persen.

Laporan lain dari analis Eric Seufert juga menunjukkan penurunan jumlah download aplikasi Twitter sejak berubah nama menjadi X.

Eric Seufert membagikan tangkapan layar berisi data jumlah unduhan aplikasi Twitter di perangkat iOS di Amerika Serikat. Dari bagan di bawah, terlihat jumlah unduhan Twitter cenderung turun secara signifikan setelah berganti nama menjadi X.

Baca juga: Twitter Izinkan Lagi Iklan Politik Setelah 4 Tahun Dilarang

Tangkapan layar jumlah unduhan Twitter/X di chart Top Download di peragkat iOS untuk wilayah Amerika Serikat. Jumlah unduhan Twitter cenderung menurunun semenjak berubah nama menjadi X.Threads/ Eric Seufert Tangkapan layar jumlah unduhan Twitter/X di chart Top Download di peragkat iOS untuk wilayah Amerika Serikat. Jumlah unduhan Twitter cenderung menurunun semenjak berubah nama menjadi X.
Nyasar ke Twitter Lite 

Di sisi lain, perubahan nama Twitter menjadi X ini turut mendongkrak jumlah unduhan aplikasi Twitter Lite.

Saat awal setelah perubahan nama Twitter jadi X, sebagian pengguna belum menyadari perubahan nama tersebut. Ketika mencari "Twitter" di toko aplikasi, mereka bakal melihat hasil pencarian "Twitter Lite" dan mengunduhnya.

Twitter Lite ini sedianya merupakan aplikasi Twitter dengan ukuran lebih ringan ini yang dirancang untuk negara berkembang.

Hal ini membuat terjadinya lonjakan dalam pemasangan (install) Twitter Lite pada minggu pertama setelah perubahan nama Twitter menjadi X (23 Juli - 5 Agustus 2023).

Baca juga: Elon Musk Disoraki Saat Nonton Turnamen Valorant, Penonton: Kembalikan Twitter!

Selama periode tersebut, jumlah unduhan Twitter Lite melonjak sekitar 350 persen, menurut data Sensor Tower.

Dikombinasikan dengan aplikasi X, ekosistem aplikasi Twitter mengalami pertumbuhan unduhan sebesar 11 persen, didorong oleh instalasi di India, Amerika Serikat, dan Indonesia, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (31/8/2023).

Pendapatan X juga turun 3 persen selama minggu pertama rebranding (23 Juli-5 Agustus). Namun, periode 6-20 Agusuts, X mulai mengalami peningkatan pendapatan hingga sekitar 25 persen. Menurut Sensor Tower, hal ini didorong oleh pendapatan dari iOS (naik 24 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com