Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Vonis" Apple untuk MacBook Pro dengan Touch Bar

Kompas.com - Diperbarui 03/09/2023, 09:13 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple memasukkan nama perangkat MacBook Pro 13 inci dan 15 inci keluaran tahun 2017 ke dalam "Vintage List" per 31 Agustus 2023. Duo laptop ini merupakan MacBook generasi kedua yang memiliki panel Touch Bar di atas keyboard.

Lantas apa artinya bila model MacBook dicantumkan dalam Vintage List Apple?

Secara umum, Vintage List Apple memuat nama-nama perangkat Apple, termasuk iPhone yang dianggap antik, lawas, dan tua.

Apple memiliki definisi sendiri terkait Vintage List ini. Menurut Apple, produk bikinannya dianggap sebagai barang vintage (kuno) ketika Apple sudah berhenti mendistibusikan dan menjual perangkat ini lebih dari 5 tahun, dan kurang dari 7 tahun yang lalu.

Kilas balik ke belakang, MacBook Pro 13 inci dan 15 inci yang masuk ke dalam Vintage List Apple ini pertama kali diluncurkan pada Juni 2017. MacBook Pro 13 inci dan 15 inci keluaran 2017 ini berhenti dipasarkan sekitar Juli 2018.

Baca juga: MacBook Air 15 Inci Meluncur, Seri Air dengan Layar Terbesar

September 2022 ini menandai sudah lebih dari 5 tahun yang lalu Apple resmi berhenti memasarkan MacBook Pro 2017. Artinya, sudah saatnya memasukkan nama MacBook Pro 2017 ke Vintage List.

Selama keberadaannya di pasar, duo MacBook Pro ini termasuk model MacBook yang bermasalah pada keyboard tipis "butterfly".

Deretan tombol butterfly keyboard terkenal sering macet apabila debu menyelip di bawahnya. Tombol-tombol juga sering menempel sehingga menimbulkan double stroke (dua kali tekan) tanpa dikehendaki.

Apple pun menarik kembali keyboard yang rusah, memberikan keyboard yang baru, hingga membayar uang kompensasi hingga membayar 50 juta dollar AS atau setara Rp 749 miliar untuk merampungkan masalah keyboard butterfly ini. 

Baca juga: MacBook Air 15 Inci Resmi Dijual di Indonesia, Harga Mulai Rp 23 Juta

Nasib MacBook Pro 2017 dengan Touch Bar

Setelah masuk ke Vintage List, MacBook Pro 2017 dengan Touch Bar tidak lagi mendapatkan pembaruan perangkat lunak secara rutin, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Sabtu (2/9/2023).

Kini, MacBook Pro 2017 bisa menjalankan sistem operasi MacOS 13 Ventura yang dirilis 2022.

Namun, perangkat ini dipastikan tidak akan mendapatkan pembaruan (update) sistem operasi MacOS Sonoma terbaru. Pasalnya, MacOS Sonoma hanya kompatibel untuk perangkat MacBook Pro keluaran 2018 atau yang lebih baru.

Dalam laman resmi Apple, perangkat yang masuk Vintage List juga tidak dijamin memenuhi syarat untuk diperbaiki di Apple Store dan Penyedia Layanan Resmi Apple. Sebab, beberapa suku cadang (spare part) mungkin sudah tidak tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com