Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Kembangkan Teknologi Layar HP Tanpa Bingkai

Kompas.com - 25/08/2023, 14:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Samsung Display, pembuat panel OLED terbesar di dunia untuk smartphone, dikabarkan sedang menggarap konsep layar ponsel baru yang dinamai "All Around Full Screen".

Konsep tersebut akan menghadirkan smartphone berpanel OLED tanpa bezel (tanpa bingkai layar). Samsung Display memang belum membeberkan inovasi ini secara resmi. Namun, informasi ini sudah beredar di internet setelah diumbar oleh seorang tipster alias pembocor gadget dengan handle @Tech_Reve di platform X (dulu Twitter).

Dalam unggahannya, ia melampirkan sebuah foto beberapa konsep layar smartphone, salah satunya All Around Full Screen. Konsep tersebut tampak menampilkan layar yang lebih luas dibanding konsep layar lainnya.

Baca juga: Ini Gadget Layar Lipat Berikutnya yang Bakal Dibikin Samsung

Layarnya tampak tidak ada bingkai, baik di sisi samping kanan dan kiri, maupun sisi atas dan bawah layar.

Gambar cuplikan presentasi mengenai inovasi Samsung Display yang sedang mengembangkan teknologi panel OLED tanpa bezel.X/@Tech_Reve Gambar cuplikan presentasi mengenai inovasi Samsung Display yang sedang mengembangkan teknologi panel OLED tanpa bezel.

Di bawah gambar tersebut, tertera beberapa poin kunci yang kemungkinan merujuk pada fitur yang diusung konep layar terbaru Samsung Display.

Pada teknologi "zero bezel", disebutkan bahwa konsep layar tersebut akan dibekali fitur 3D lamination dan edge brightness control, yang kemungkinan berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan layar dari tepi bodi ponsel.

Layar tersebut juga diperkiakan akan mengusung teknologi "under panel camera" (UPC) dengan fitur high transmittance yang meningkat 50 persen, serta optimized pixel structure. Teknologi UPC alias kamera bawah layar ini sudah disematkan di ponsel lipat Samsung, seperti Galaxy Z Fold 4 dan Z Fold 5.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Fold 5 di Indonesia

Tidak ada penjelasan lebih rinci mengenai masing-masing fitur tersebut. Unggahan @Tech_Reve juga tidak memberikan informasi lain, hanya menyertakan emoji terkejut saja.

Belum diketahui apakah konsep ini bakal benar-benar diadopsi di smartphone ke depannya atau tidak. Kendati demikian, konsep ini seolah menjadi penyegaran untuk desain smartphone, terutama di bagian layar.

Sebab, beberapa smartphone di pasaran saat ini masih mengadopsi model melengkung di bagian sisi kanan dan kirinya saja. Smartphone dengan layar melengkung juga masih menyisakan sedikit bezel di keempat sisinya.

Informasi soal konsep layar OLED tanpa bezel ini mencuat beberapa pekan setelah Apple dikabarkan meminta produsen layar iPhone, seperti LG dan Samsung, untuk mengembangkan zero-bezel display alias layar tanpa bingkai.

Menurut laporan outlet media The Elec, sebagaimana dihimpun dari Sam Mobile, panel OLED tanpa bezel ini akan digunakan untuk iPhone di masa yang akan datang.

Belum diketahui iPhone seri tahun berapa yang akan mengadopsi konsep layar tanpa bezel. Pastinya, pengembangan teknologi panel tanpa bezel, membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Jadi, iPhone tanpa bezel mungkin baru bisa ditemui dalam beberapa tahun ke depan. Tidak menutup kemungkinan, Samsung juga akan menghadirkan smartphone dengan layar OLED tanpa bezel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com