Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Video Call Grup di Aplikasi WhatsApp Khusus Mac hingga 8 Orang Sekaligus

Kompas.com - 09/09/2023, 13:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki beberapa format. Terbaru, perusahaan merilis aplikasi WhatsApp yang dibuat khusus untuk perangkat berbasis MacOS (Mac) atau disebut juga dengan WhatsApp native Mac app.

Sebagai informasi, aplikasi WhatsApp Mac itu sejatinya berbeda dengan WhatsApp Desktop. Meski sama-sama berformat aplikasi WhatsApp untuk perangkat Mac, aplikasi WhatsApp Mac memiliki perbedaan dengan aplikasi WhatsApp Desktop.

Baca juga: Ramai soal Tanda “Kali” pada Status WhatsApp, Bagaimana Bisa Muncul?

Salah satu perbedaan yang cukup mencolok adalah aplikasi WhatsApp Mac bisa dipakai untuk melakukan panggilan video (video call) secara grup hingga 8 orang sekaligus. Sementara itu, fitur video call grup tak tersedia di aplikasi WhatsApp Desktop.

Fitur video call grup yang terdapat di aplikasi WhatsApp Mac itu mirip dengan yang ada di aplikasi WhatsApp ponsel. Jadi, melalui aplikasi WhatsApp Mac, pengguna bisa video call di grup atau menambahkan kontak hingga 8 orang untuk bergabung ke video call.

Bila berminat untuk mencobanya, berikut adalah penjelasan cara video call grup di WhatsApp Mac hingga 8 orang sekaligus.

Cara video call grup di WhatsApp Mac hingga 8 orang sekaligus

  • Buka aplikasi WhatsApp Mac.
  • Selanjutnya, pilih kontak dan klik ikon video untuk mulai melakukan panggilan video.
  • Setelah tersambung, pilih ikon orang dengan tanda plus di layar panggilan video.
    Cara video call grup di WhatsApp Mac hingga 8 orang sekaligus.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Cara video call grup di WhatsApp Mac hingga 8 orang sekaligus.
  • Terakhir, tambahkan kontak lain hingga 8 orang sekaligus untuk bergabung ke panggilan video.
    Cara video call grup di WhatsApp Mac hingga 8 orang sekaligus.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Cara video call grup di WhatsApp Mac hingga 8 orang sekaligus.

Baca juga: WhatsApp iPhone Sudah Bisa Kirim Video HD, Begini Caranya

Cukup mudah bukan cara video call grup di WhatsApp Mac hingga 8 orang sekaligus? Selain bisa untuk video call grup, aplikasi WhatsApp Mac juga bisa digunakan untuk panggilan telepon biasa grup hingga 32 orang sekaligus.

Demikianlah penjelasan mengenai cara video call grup di WhatsApp Mac hingga 8 orang sekaligus. Sebagai informasi tambahan yang perlu diketahui, aplikasi WhatsApp Mac saat ini belum tersedia di App Store, toko aplikasi untuk Mac.

Ketersediaan aplikasi WhatsApp Mac

Aplikasi WhatsApp khusus Mac sejatinya sudah sempat digelontorkan, tetapi masih dalam versi beta. Kini, aplikasi WhatsApp Mac versi stabil sudah dirilis dan semua pengguna Mac secara umum bisa menjajalnya.

Namun, seperti yang sempat disinggung di atas, aplikasi WhatsApp Mac sekarang belum tersedia di App Store. Untuk mengunduhnya, pengguna perlu mengunjungi langsung laman resmi WhatsApp. Jika tertarik mencobanya, silakan klik link di bawah ini:

Jadi, untuk sementara waktu, aplikasi WhatsApp Mac cuma bisa diunduh di laman resmi WhatsApp atau link tersebut. Zuckerberg, CEO Meta (induk perusahaan WhatsApp), mengungkapkan bahwa aplikasi WhatsApp Mac itu bakal tersedia di App Store.

“Aplikasi ini (aplikasi WhatsApp khusus Mac) didesain ulang agar lebih familiar dengan pengguna Mac, membantu Anda mengerjakan pekerjaan lebih cepat saat menggunakan WhatsApp di layar lebar. Anda juga dapat berbagi file dengan mudah lewat geser dan taruh (drag and drop) di ruang obrolan, melihat lebih banyak riwayat pesan,” tulis Meta di blog resminya.

Baca juga: Tombol VN WhatsApp Berubah Jadi Ikon Video Saat Diklik, Kenapa?

Kemudian, sebagai catatan pula, tidak semua perangkat Mac bisa mengakses aplikasi WhatsApp khusus Mac. Aplikasi tersebut hanya bisa diakses pada perangkat Mac dengan ketentuan minimal telah menggunakan sistem operasi MacOS 11 atau yang lebih baru.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com