Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Processing Device, Lengkap dengan Contoh dan Fungsinya

Kompas.com - 12/09/2023, 03:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui tentang processing device atau perangkat processing (perangkat proses). Sebab, pengetahuan atas processing device dapat membantu ketika pengguna hendak memulai belajar mengoperasikan komputer.

Untuk diketahui, komputer merupakan perangkat yang terdiri dari beberapa komponen. Komponen komputer secara umum terdiri dari perangkat input, perangkat processing, perangkat output, dan perangkat storage.

Baca juga: Macam-macam Perangkat Output Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Fungsinya

Tiap komponen itu memiliki fungsi yang berbeda, tetapi saling berhubungan dalam alur kerja komputer. Dalam keseluruhan komponen komputer itu, perangkat processing menjadi perlu diketahui karena memiliki peran yang vital.

Inti dari pekerjaan komputer bisa dibilang terletak di perangkat proses. Lantas, apa itu perangkat proses komputer? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan lengkap tentang perangkat proses komputer.

Pengertian processing device

Perlu diketahui, komputer memiliki alur kerja secara umum berupa, menerima, memproses, menyajikan, dan menyimpan data. Dalam alur kerja itu, processing device adalah komponen yang berfungsi untuk memproses data.

Setelah memasukkan data ke komputer lewat perangkat input seperti keyboard, data tersebut bakal diolah terlebih dahulu di perangkat processing sebelum disajikan ke pengguna melalui perangkat output.

Perangkat processing bisa dibilang merupakan komponen yang menjembatani antara perangkat input, perangkat output, dan perangkat storage. Sebab, semua tugas komputasi berjalan di perangkat proses.

Sebagai penjembatan keseluruhan alur kerja komputer, bisa dipahami pula perangkat komputer adalah bagian dari komputer yang bertugas untuk menerima instruksi, memproses data, dan menghasilkan output.

Dikutip dari laman Geeks for Geeks, untuk mengerjakan tugas pemrosesan data, terdapat tiga unit inti yang secara umum terdapat pada perangkat proses komputer, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit), Control Unit, dan Register Memory Unit.

Control Unit bertugas untuk mengontrol aliran data yang keluar-masuk di komputer. ALU bertugas untuk melakukan perhitungan matematika dan mengambil keputusan logis dari data atau perintah yang masuk.

Kemudian, Register Memory Unit memiliki tugas untuk menyimpan data atau instruksi yang langsung digunakan saat pemrosesan. Semua data yang masuk bakal disimpan dulu di Register Memory Unit sebelum diproses.

Dari ketiga unit itu, terdapat beberapa macam perangkat proses pada komputer. Lantas, perangkat processing apa saja? Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak daftar contoh perangkat processing dan fungsinya di bawah ini, sebagaimana dilansir Javapoint.

Contoh processing device dan fungsinya

1. CPU

Ilustrasi CPU Intel Core generasi ke-13 Raptor Lake.Intel Ilustrasi CPU Intel Core generasi ke-13 Raptor Lake.

CPU (Central Processing Unit) adalah komponen yang paling vital dalam komputer. CPU merupakan processing device yang berfungsi untuk mengerjakan semua hal yang berkaitan dengan pemrosesan data.

CPU bertanggung jawab untuk mengontrol semua elemen pada sistem beroperasi dengan lancar. CPU bertugas untuk menerima instruksi atau data yang dikirim dari semua perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com