Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “Adulting” yang Lagi Ramai Dipakai di Medsos

Kompas.com - 12/09/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir ini, media sosial (medsos) seperti Twitter X tengah ramai dengan penggunaan kata adulting. Di Twitter X, kata tersebut hingga hari ini bahkan masuk dalam daftar topik yang ramai dibahas atau trending topic di Indonesia.

Baca juga: Arti Kata Avkor, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Medsos

Berdasarkan data trending topic yang terdapat di Twitter X, kata adulting hingga hari ini, Selasa (12/9/2023), sekitar pukul 09.30 WIB, telah diunggah sebanyak lebih dari 26.000 kali.

Kata adulting masuk dalam daftar trending topic Indonesia di Twitter X per Selasa (12/9/2023), sekitar pukul 09.30 WIB, dengan telah diunggah lebih dari 26.000 kali. twitter.com Kata adulting masuk dalam daftar trending topic Indonesia di Twitter X per Selasa (12/9/2023), sekitar pukul 09.30 WIB, dengan telah diunggah lebih dari 26.000 kali.

Lantaran ramai dipakai pengguna, sebagian dari Anda pun mungkin juga sudah sempat melihat kata adulting di medsos. Melihat keramaian ini, lantas sebenarnya apa yang dimaksud dengan adulting?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai arti adulting yang lagi ramai dipakai di medsos.

Arti adulting yang lagi ramai di medsos

Jika melihat beberapa unggahan di linimasa medsos Twitter X, kata adulting kerap dipakai pengguna untuk mengasosiasikan atau mengelompokkan beberapa hal atau tindakan ke dalam sebuah sifat atau sikap.

Baca juga: Arti Istilah “Frugal Living”, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Medsos

Contoh penggunaan kata adulting dengan konteks kebiasaan itu bisa dilihat lewat salah satu twit dari akun dengan handle @jastairvine.

Dalam twit yang diunggah pada Senin (11/9/2023), akun tersebut mengatakan, adulting merupakan kesadaran kalau harga buah-buahan lebih mahal dari harga satu paket burger dan kentang goreng.

Contoh lain dengan konteks serupa juga bisa dilihat pada twit dari akun dengan handle @zimzalabimc. Dalam twit yang diunggah pada Minggu (10/9/2023), akun itu mengatakan, adulting adalah kaget jika gaji Rp 5 juta di Jakarta tidak berarti.

Selain dua contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi penggunaan kata adulting dengan konteks untuk mengasosiasikan beberapa hal atau tindakan ke sebuah sikap atau sifat tertentu. Lantas, apa arti adulting?

Kata adulting merupakan kosakata dalam bahasa Inggris. Dikutip dari kamus bahasa Inggris Cambridge Dictionary, kata adulting dikelompokkan sebagai kata benda (noun).

Secara harfiah, adapun arti adulting adalah sikap, tindakan, perilaku, atau sifat yang khas terdapat pada orang dewasa, bukan anak-anak atau remaja.

Dengan arti harfiah yang demikian, adulting secara sederhana bisa dimaknai sebagai sikap dewasa, kedewasaan, atau dewasa.

Jika melihat pada konteks kebiasaan penggunaan di medsos, kata adulting berarti dipakai untuk mengasosiasikan berbagai hal atau tindakan yang merupakan bagian dari sikap atau sifat orang dewasa.

Contohnya, misal, “adulting itu selalu bangun pagi”, maka artinya sama seperti “dewasa itu selalu bangun pagi” atau “orang yang dewasa itu selalu bangun bagi”.

Jadi, bila melihat pengguna lain memakai kata adulting di medsos maka itu berarti mereka ingin menyebutkan sikap orang dewasa dengan dilengkapi beberapa tindakan atau hal yang dirasa terkait.

Baca juga: Arti Kata Provider yang Lagi Ramai di Medsos, Bukan Penyedia Layanan Internet

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai arti adulting yang lagi ramai dipakai di medsos untuk mengasosiasikan beberapa hal atau tindakan sebagai kedewasaan atau sikap orang dewasa, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com