Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Istilah “Frugal Living”, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Medsos

Kompas.com - 08/08/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

Sumber nasdaq.com

KOMPAS.com - Ada banyak sekali bahasa gaul di media sosial (medsos). Adapun salah satu bahasa gaul yang cukup sering dipakai pengguna di medsos adalah istilah frugal living. Lantas, apa yang dimaksud dengan frugal living?

Meski sering dipakai dipakai di medsos, tak semua pengguna mungkin telah mengetahui mengenai arti frugal living. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan mengenai arti frugal living yang kerap digunakan pengguna.

Baca juga: Arti Kata Tsunami Fakta, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Medsos

Di medsos seperti X (dulu Twitter), pengguna bisa dengan mudah menjumpai pengguna lain yang membagikan twit berisi kata frugal living. Jika dilihat dari beberapa twit, frugal living kerap dipakai dalam pembahasan yang berkaitan dengan keuangan dan kebutuhan hidup.

Salah satu contoh pemakaian kata frugal living dalam konteks seperti itu bisa dilihat lewat twit dari akun dengan handle @crzcaant yang diungguh pada Selasa (8/8/2023). Pada twit itu, pengguna menyematkan kata frugal living.

Kemudian, pengguna juga menyematkan tangkapan layar berisi daftar belanja kebutuhan dengan harga yang cukup murah di salah satu marketplace.

Selain dari akun @crzcaant, contoh pemakaian kata frugal living yang berkaitan dengan kebutuhan hidup bisa dilihat juga lewat twit dari akun @deydeychristina.

Pada twit yang diunggah pada Minggu (8/8/2023), akun @deydeychristina mengatakan, “bagaimana mau frugal living”, kemudian menyertakan foto minuman tertentu.

Selain dua contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi penggunaan kata frugal living yang berkaitan dengan keuangan dan kebutuhan hidup. Lalu, sebenarnya apa itu frugal living? Penjelasan arti frugal living bisa dibaca di bawah ini.

Arti frugal living yang ramai dipakai di medsos

Frugal living sejatinya bukanlah istilah yang muncul baru-baru ini. Jika ditelusuri lebih lanjut di internet, istilah tersebut bahkan sudah marak dipakai sejak 2010. Istilah frugal living sudah pasti bukan dari kosakata bahasa Indonesia.

Baca juga: Arti Istilah “Touch Some Grass” yang Ramai di Twitter Belakangan Ini

Istilah frugal living merupakan kosakata bahasa Inggris yang bila diterjemahkan memiliki arti secara harfiah sebagai hidup hemat, hidup sederhana, gaya hidup hemat, atau bisa pula gaya hidup sederhana.

Dari arti harfiah itu, tak heran bila banyak pengguna di medsos yang menggunakan istilah frugal living dalam pembahasan mengenai keuangan dan kebutuhan hidup. Frugal living tidak hanya bisa dipahami sebagai sebuah istilah secara harfiah, tetapi juga konsep.

Sebagai konsep, arti frugal living tidak sesederhana sebagai hidup hemat. Dikutip dari laman Nasdaq, frugal living merupakan konsep yang dinilai dapat membantu pengguna mencapai kebebasan finansial.

Seseorang tidak dapat mencapai kebebasan finansial karena dianggap terlalu mengedepankan gaya hidup konsumtif, yang akhirnya menghambur-hamburkan uang untuk tujuan yang kurang berguna.

Untuk melawan gaya hidup konsumtif, solusi yang bisa dilakukan adalah menerapkan frugal living. Sebagai sebuah konsep, frugal living bukan berarti sebagai gaya hidup yang lebih murah, melainkan berbicara mengenai prioritas belanja.

Frugal living artinya adalah gaya hidup untuk membuat keputusan didasarkan pada kemampuan diri dengan membuat preferensi secara sadar. Dalam frugal living, seseorang akan membatasi pengeluarannya untuk belanja secara waspada.

Seseorang yang menjalani frugal living akan menyingkirkan pengeluaran yang tidak terlalu penting bagi mereka. Frugal living mengajarkan seseorang untuk memprioritaskan pengeluarannya sesuai kebutuhan.

Baca juga: Arti Istilah “Why We Can’t Go to War Together” yang Ramai di Media Sosial

Arti frugal living lebih ke arah gaya hidup yang dapat memaksimalkan kapital atau uang yang dimiliki secara cerdas. Demikianlah penjelasan mengenai arti frugal living yang sering dipakai di medsos belakangan ini, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com